Ahli di OPEC Buat Beberapa Kemajuan tentang Pemotongan Produksi

Angga Bratadharma    •    Selasa, 29 Nov 2016 10:37 WIB
minyak mentahopec
Ahli di OPEC Buat Beberapa Kemajuan tentang Pemotongan Produksi
Logo OPEC (REUTERS/Heinz-Peter Bader)

Metrotvnews.com, Wina: Para ahli di Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) telah membuat beberapa kemajuan dalam pembahasan mengenai finalisasi mengenai kesepakatan pemangkasan atau pemotongan produksi minyak. Namun, belum menyelesaikan perbedaan atas level produksi Iran dan Irak.

"Pembicaraan telah berlangsung selama tujuh jam," kata delegasi OPEC, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (29/11/2016).

Minyak berjangka mengalami loncatan pada Senin waktu setempat (Selasa WIB) setelah mengalami penurunan besar pada sesi sebelumnya, mencerminkan volatilitas ketika pejabat OPEC mencoba menyelamatkan kesepakatan pemotongan produksi minyak mentah menjelang pertemuan para menteri OPEC di Rabu besok.

Baca: Menteri ESDM Hadiri Pertemuan OPEC ke-171

Sebanyak 14 anggota dari OPEC mengumumkan kesepakatan pada awal September untuk memangkas produksi minyak menjadi 32,5 juta sampai 33,0 juta barel per hari dari rekor sebelumnya di 33,64 juta barel per hari sekarang ini. Kondisi itu untuk mengantisipasi harga yang terus melemah saat ini.


Logo OPEC (REUTERS/Ramzi Boudina)

Meski ada keraguan apakah OPEC, termasuk yang menentang, bisa menyepakati mekanisme pemotongan produksi minyak atau tidak namun banyak pengamat pasar percaya pada pekan lalu bahwa kesepakatan akan terjadi. Sejauh ini, pembahasan mengenai pemotongan produksi masih terus dilakukan.

Akan tetapi, kesepakatan kemungkinan bisa melemah setelah Arab Saudi secara tegas menyatkan bahwa pasar minyak akan mencapai titik keseimbangan pada tahun depan bahkan tanpa harus ada kesepakatan dari OPEC. Kondisi semacam ini bukan tidak mungkin memberi pengaruh terhadap pergerakan harga minyak dunia.

Baca: OPEC Berusaha Selamatkan Kesepakatan Usai Ketegangan Muncul

OPEC pada Senin waktu setempat (Selasa WIB) berusaha untuk menyelamatkan kesepakatan untuk membatasi produksi minyak. Upaya itu dilakukan karena ketegangan mulai tumbuh di antara negara produsen dan negara produsen bukan anggota OPEC.

 


(ABD)

Warga Kulit Hitam Gelar Demo Anti Trump

Warga Kulit Hitam Gelar Demo Anti Trump

1 day Ago

Suara sumbang kemenangan Donald Trump dalam Pilpes AS kembali terjadi. Ratusan warga kulit hita…

BERITA LAINNYA