Kanada Sambut Positif Kebijakan Tarif Impor Trump

Angga Bratadharma    •    Sabtu, 10 Mar 2018 16:02 WIB
perdagangan bebasSerangan Torontoperdaganganekonomi amerikameksikoPerang dagang
Kanada Sambut Positif Kebijakan Tarif Impor Trump
Menteri Keuangan Kanada William Morneau (FOTO: AFP)

Kanada: Menteri Keuangan Kanada William Morneau menempatkan pandangan yang lebih positif mengenai tarif baja dan aluminium dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Tentu ada harapan agar pengenaan tarif impor tersebut tidak diberlakukan demi kepentingan bersama dari sisi perdagangan dunia.

"Diskusi seputar tarif baja dan aluminium dengan jelas menunjukkan kekuatan hubungan kita dengan AS," kata Morneau dalam sebuah wawancara, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 10 Maret 2018.

Sebelumnya, Trump menandatangani dua proklamasi yang menerapkan tarif impor yang luas sebesar 25 persen untuk baja dan aluminium 10 persen. Tetapi, Kanada dan Meksiko dikecualikan pada saat kedua negara dan Amerika Serikat mencoba menegosiasikan kembali Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara 1994.

Morneau mengaku diajak bicara dengan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin sebanyak tiga kali minggu ini, menunjukkan kedua belah pihak melanjutkan kemampuan untuk bekerja sama. "Ada pemahaman bahwa kita berdagang bersama, bahwa kita adalah bagian dari Amerika Utara yang terintegrasi," tuturnya.

Sekretaris Perdagangan AS Wilbur Ross, yang departemennya merekomendasikan tarif tersebut, mengatakan tidak ada pertanyaan bahwa tindakan yang diambil Presiden adalah motivasi lebih lanjut bagi Kanada dan Meksiko untuk membuat kesepakatan yang adil dengan Amerika Serikat.

Awal pekan ini, Ross memperkirakan, Trump kemungkinan akan memberikan tingkat fleksibilitas pada tarif untuk Kanada dan Meksiko, sebuah pelunakan dari rencana garis keras yang diresmikan Presiden minggu lalu. Ross mengatakan Gedung Putih tidak berusaha meledakkan dunia.

 


(ABD)