Bank Sentral Inggris Diperkirakan Tahan Suku Bunga Acuan

Angga Bratadharma    •    Kamis, 10 May 2018 15:05 WIB
ekonomi inggrisbank of england (boe)
Bank Sentral Inggris Diperkirakan Tahan Suku Bunga Acuan
Gubernur BoE Mark Carney (Frank Augstein/AFP)

London: Komite Kebijakan Moneter Bank of England (BoE) melakukan pertemuan pada Kamis waktu setempat dan diperkirakan mempertahankan tingkat suku bunga acuan, sejalan dengan situasi dan kondisi dari perekonomian terkini. Kondisi itu menandai perubahan tajam dari proyeksi awal hanya beberapa minggu yang lalu.

Sebulan yang lalu, suku bunga acuan jangka pendek diperkirakan naik sebanyak 25 basis poin dan kemungkinannya mencapai 90 persen. Tapi Gubernur BoE Mark Carney justru menurunkan harapan setelah komentar dovish yang dia berikan dalam sebuah wawancara, mengacu pada data yang datang di sisi yang lebih lembut.

"Mungkin ada beberapa perbedaan pandangan pada pertemuan Mei, tetapi itu adalah pandangan yang kita ambil. Kami sadar bahwa ada pertemuan lain sepanjang tahun ini," kata Carney, seperti dikutip dari CNBC, Kamis, 10 Mei 2018.

Pasar dengan cepat memangkas peluang untuk kenaikan suku bunga pada Mei hingga 50 persen. Hanya seminggu kemudian, Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal pertama mencetak angka di 0,1 persen secara kuartal ke kuartal atau di bawah konsensus 0,4 persen serta perkiraan BoE sebesar 0,3 persen.



Probabilitas kenaikan suku bunga jangka pendek diberikan harga kurang dari 10 persen pada Kamis ini. Sementara itu, poundsterling sekarang berada pada tingkat yang lebih lemah karena investor menilai kenaikan suku bunga lebih lambat, di samping adanya penguatan USD.

Terkait data PDB di kuartal pertama yang mengecewakan, analis di Goldman Sachs menunjukkan bahwa hanya 45 persen perkiraan awal didasarkan pada data yang diamati, dan sisanya dimodelkan. Ini menjelaskan mengapa perkiraan awal cenderung direvisi dan cetakan ini tidak berbeda.

Selain itu, pasar juga akan mencari petunjuk lebih lanjut dari proyeksi inflasi yang diperbarui dalam laporan inflasi BoE. Sedangkan data tenaga kerja tetap kuat dengan angka pertumbuhan pembayaran terbaru terus meningkat. Adapun pengetatan moneter lebih lanjut mungkin diperlukan untuk mendapatkan tingkat inflasi kembali ke target.

 


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA