Harga Emas Dunia Berbalik Menguat

   •    Rabu, 06 Jun 2018 07:33 WIB
harga emasemaskomoditasekonomi dunia
Harga Emas Dunia Berbalik Menguat
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Chicago: Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange berbalik naik atau rebound pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB). Kondisi itu terjadi di tengah melemahnya dolar Amerika Serikat (USD) dan aksi buru harga murah.

Mengutip Antara, Rabu, 6 Juni 2018, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Agustus naik sebanyak USD4,90 atau 0,38 persen menjadi ditutup pada USD1.302,20 per ounce, merebut kembali tingkat harga USD1.300. Aksi buru harga murah adalah faktor lain dalam mendorong emas lebih tinggi, setelah logam mulia jatuh selama tiga sesi berturut-turut.

Indeks USD, ukuran greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, turun 0,17 persen menjadi 93,88 pada pukul 16.27 GMT. Penurunan USD biasanya mendorong lebih banyak investor ke pasar emas, terutama bagi mereka yang menggunakan mata uang lainnya karena emas yang dihargakan dalam USD menjadi lebih murah.



Sementara itu, Dow Jones Industrial Average turun 70,39 poin atau 0,28 persen menjadi 24.743,30 poin pada pukul 16.37 GMT. Ketika ekuitas mencatat kerugian, logam mulia biasanya naik, karena para investor mencari tempat yang aman atau aset-aset safe haven.

Kenaikan indeks teknologi berat Nasdaq datang setelah sesi perdagangan yang kuat pada Senin 4 Juni, ketika saham Amazon dan Apple naik ke rekor tertinggi. Indeks utama lainnya bersusah payah untuk kenaikan, karena Wall Street prihatin atas ketegangan antara Amerika Serikat dan beberapa mitra dagang utamanya.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Juli naik 11,2 sen AS atau 0,68 persen menjadi menetap di USD16,543 per ounce. Platinum untuk penyerahan Juli turun USD2,2 atau 0,24 persen menjadi ditutup pada USD901,30 per ounce.

 


(ABD)


Luhut: Gaji Pilot Garuda Indonesia Sudah Besar

Luhut: Gaji Pilot Garuda Indonesia Sudah Besar

8 minutes Ago

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan mediasi antara Serikat…

BERITA LAINNYA