Kinerja Perusahaan Publik Tiongkok Tumbuh Positif di Tahun Lalu

   •    Minggu, 13 May 2018 17:13 WIB
Kinerja Perusahaan Publik Tiongkok Tumbuh Positif di Tahun Lalu
Illustrasi (Dok: AFP).

Beijing: Perusahaan publik Tiongkok alami capaian kinerja yang bagus pada tahun lalu. Hal ini karena pertumbuhan ekonomi serta reformasi struktural yang didorong dengan perkembangan bisnis di industri teknologi.

"Lebih dari 3.500 perusahaan yang terdaftar di Shanghai dan Shenzhen membukukan laba bersih gabungan sebesar 3,36 triliun yuan (hampir USD533,33 miliar) pada 2017, naik 19,1 persen YoY," kata Gao Li, juru bicara Komisi Regulasi Sekuritas China dikutip dari Xinhua, Minggu, 13 Mei 2018.

Dia menjelaskan total pendapatan mereka naik 18,8 persen menjadi 39,25 triliun yuan. "Kinerja perusahaan yang terdaftar terus membaik dan ada profitabilitas yang lebih tinggi," kata Gao.

Dia mengatakan keuntungan perusahaan di papan utama, kecil serta menengah naik sekitar 20 persen pada tahun lalu.

Analis percaya pertumbuhan ekonomi memberikan fondasi untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Pertumbuhan Domestik Bruto Tiongkok meningkat 6,9 persen tahun ke tahun di 2017 atau meningkat untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun terakhir.

Perusahaan-perusahaan teknologi baru memimpin tren kenaikan karena transisi ekonomi negara telah mulai menggerakkan industri domestik  Produsen peralatan high-end mengalami pertumbuhan laba sebesar 91,83 persen, diikuti oleh 27,24 persen untuk biomedis serta 22,64 persen untuk bahan baru.

Bisnis di sektor-sektor yang baru tumbuh meraup hampir 400 miliar yuan laba naik 21,8 persen tahun ke tahun. Melawan tren, 6,3 persen dari perusahaan yang tercatat membukukan kerugian, turun dari 6,92 persen pada tahun 2016.

Perusahaan-perusahaan di Dewan ChiNext, NASDAQ-gaya Tiongkok, melaporkan penurunan laba gabungan, terbebani oleh dua perusahaan penghasil kerugian termasuk Leshi Internet Information yang dililit utang serta Teknologi Corp.
(SAW)