Tiongkok Berhak untuk Melakukan Proteksi Pasar

Arif Wicaksono    •    Minggu, 19 Mar 2017 20:10 WIB
tiongkok
Tiongkok Berhak untuk Melakukan Proteksi Pasar
Tiongkok . AFP PHOTO/GREG BAKER.

Metrotvnews.com, Beijing: Seorang menteri senior Tiongkok mengatakan kebijakan Tiongkok untuk membatasi akses pasar penting bagi pertumbuhan domestik, bahkan ketika Presiden Xi Jinping berusaha untuk memerangi proteksionisme.

Komentar itu muncul ketika Xi mengambarkan TIongkok sebagai pembela globalisasi yang berulang kali mengutarakan akan menjaga pintu perdagangan supaya tetap terbuka lebar.

"Di beberapa daerah, kami memutuskan bahwa persentase tertentu dari pangsa pasar harus dikuasai oleh pemain domestik, ini adalah jalan terakhir," ujar Miao Wei, yang mengepalai Departemen Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok pada China Development Forum di Beijing dikutip dari Reuters, Minggu 19 Maret 2017.

baca : Investor Tiongkok Batal Masuk ke Indonesia

Dia mengatakan, negara-negara lain memiliki kebijakan membatasi impor beberapa peralatan dan produk Tiongkok, sementara ada permintaan untuk produk-produk itu di Tiongkok.

"Jadi kita harus menyelesaikan ini pada kita sendiri, atau akan berdampak besar pada pertumbuhan kami," kata Miao.

Lebih dari 80 persen dari anggota lobi bisnis AS di Tiongkok mengatakan perusahaan asing kurang diterima daripada di masa lalu dalam sebuah survei yang dirilis pada Januari.

Survei menunjukkan, sebagian besar responden mengatakan mereka memiliki sedikit kepercayaan terhadap sumpah Tiongkok untuk membuka pasarnya.

 


(SAW)