APEC: Jepang Muncul sebagai Pemimpin Liberasi Perdagangan

Angga Bratadharma    •    Senin, 10 Jul 2017 12:02 WIB
perdagangan bebasperdaganganekonomi dunia
APEC: Jepang Muncul sebagai Pemimpin Liberasi Perdagangan
Bendera Jepang (REUTERS/Toru Hanai)

Metrotvnews.com, New York: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mungkin berbicara tentang perdagangan, menarik keluar AS dari Kemitraan Trans-Pasifik (TPP), namun sebagian besar negara dari seluruh dunia terus melangkah maju. Tidak ditampik, Trump sering mengeluarkan kebijakan yang menimbulkan pro dan kontra.

Kendati demikian, Jepang justru mulai muncul sebagai pemimpin perdagangan bebas karena mendekati kesepakatan perdagangan bebas dengan Uni Eropa yang bisa selesai dalam beberapa bulan. Tentu kondisi ini bisa memberikan peluang bagi Jepang untuk menumbuhkan perekonomiannya lebih maksimal.

"Ini merupakan indikasi bahwa ekonomi lain masih menganggap ada banyak manfaat dalam negosiasi kesepakatan perdagangan bebas," kata Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Secretariat Executive Director Alan Bollard, seperti dikutip dari CNBC, Senin 10 Juli 2017.

Negara Asia Timur juga akan menjadi tuan rumah perunding utama bagi 11 mantan mitra AS terkait TPP di akhir bulan ini guna membahas kesepakatan tanpa AS. "Jepang menunjukkan sedikit kepemimpinan pada liberalisasi perdagangan," kata Bollard.

Menjalankan perdagangan bebas yakni TPP tanpa AS tentu akan menantang karena salah satu insentif utama bagi banyak negara untuk bergabung adalah akses pasar ke AS. Namun, menjaga kesepakatan tetap hidup akan memberikan harapan bahwa Pemerintah AS di masa depan akan bergabung kembali dalam pakta tersebut.

Bollard mengatakan bahwa penting untuk menjaga semangat perdagangan bebas tetap hidup. "Kita harus tetap memahami bahwa mereka telah memindahkan satu miliar orang dari kemiskinan ekstrim di APEC saja. Kami tahu bahwa kita perlu melakukannya secara berbeda," pungkasnya.

 


(ABD)