Setelah Harvey

Harga Minyak Naik karena Kilang Kembali Beroperasi

Angga Bratadharma    •    Kamis, 07 Sep 2017 07:31 WIB
minyak mentah
Harga Minyak Naik karena Kilang Kembali Beroperasi
Ilustrasi (AFP PHOTO/JEAN-SEBASTIEN EVRARD)

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak mengalami kenaikan pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB) karena lebih banyak kilang ditutup oleh Badai Harvey mulai dimulai kembali. Pengilangan sebagian besar naik dan berjalan di Corpus Christi, Texas, di mana Harvey membuat pendaratan sebagai badai Kategori 4 pada 25 Agustus.

Puluhan kilang terpaksa menutup operasi dalam beberapa hari terakhir karena cuaca buruk. Studi menunjukkan bahwa badai tersebut menurunkan lebih dari 20 persen kapasitas penyulingan AS dan 16 persen kapasitas penyulingan tetap offline awal pekan ini.

Mengutip Xinhua, Kamis 7 September 2017, sementara itu, investor terus mengawasi Badai Kategori-5 Irma, yang bergerak menuju Karibia dan Florida dan bisa melumpuhkan kilang lainnya. Tentu hal semacam ini bisa memberikan efek tersendiri terhadap pergerakan harga minyak dunia.

West Texas Intermediate untuk pengiriman Oktober menambahkan USD0,50 untuk menetap di USD49,16 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman November naik USD0,82 menjadi ditutup pada USD54,20 per barel di London ICE Futures Exchange.



Di sisi lain, Federal Reserve atau the Fed menyebut badai Harvey menyebabkan gangguan luas terhadap aktivitas ekonomi di wilayah Pantai Teluk Amerika Serikat (AS). Bahkan, kondisi itu menyebabkan kekurangan bensin dan biaya pengiriman barang menjadi mahal.

Namun, masih terlalu dini untuk mengukur keseluruhan dampak yang ditimbulkan oleh badai tersebut, menurut survei reguler the Fed mengenai kondisi ekonomi. Tentu perlu pembahasan dan riset yang lebih mendalam untuk mengetahui seberapa besar dampak yang ditimbulkan oleh badai itu.

Secara lebih luas, ekonomi AS terus tumbuh pada kecepatan moderat pada Juli dan Agustus, karena pasar tenaga kerja belum maksimal dan di tengah penjualan mobil yang mengecewakan, survei tersebut menunjukkan.

Harvey meninggalkan seperlima produksi minyak dan gas di Teluk Meksiko secara offline dan menutup 15 kilang, menurut survei beige book, yang mengumpulkan laporan aktivitas ekonomi dari kontak bisnis lokal di 12 pos bank sentral regional di seluruh negeri.

 


(ABD)

<i>Tender Offer</i> Persero dan <i>Holding</i> BUMN

Tender Offer Persero dan Holding BUMN

18 hours Ago

PRESIDEN Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2017 tentang Pena…

BERITA LAINNYA