Pelaku Bisnis Sebut Brexit Pengaruhi Rencana Investasi

Angga Bratadharma    •    Senin, 17 Jul 2017 07:00 WIB
brexitekonomi inggris
Pelaku Bisnis Sebut Brexit Pengaruhi Rencana Investasi
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, London: Kira-kira empat dari sepuluh bisnis di Inggris mengatakan bahwa keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa (UE) atau Brexit telah melukai rencana investasi mereka, sebuah laporan dari Konfederasi Industri Inggris (CBI) menunjukkan dan tentunya kondisi itu perlu disikapi dengan baik agar tidak memberikan efek negatif.

Sekitar 42 persen bisnis mengatakan Brexit telah memengaruhi keputusan investasi dan dari itu sebanyak 98 persen mengatakan dampaknya negatif, menurut survei CBI terhadap 357 perusahaan. Sebanyak 58 persen lainnya mengatakan bahwa suara tahun lalu untuk meninggalkan Uni Eropa tidak memengaruhi rencana investasi.

"Ini meyakinkan bahwa sebagian besar bisnis yang menanggapi survei kami tidak merasa bahwa Brexit telah mengubah rencana pengeluaran penting ini. Tapi kita harus membuka mata kita bahwa sejumlah besar dari mereka yang melaporkan dampaknya mengatakan hal itu negatif," kata Kepala Ekonom CBI Rain Newton-Smith, seperti dikutip dari Reuters, Senin 17 Juli 2017.

Bisnis yang melaporkan efek Brexit pada rencana investasi mereka menyebutkan ketidakpastian umum mengenai hubungan masa depan Inggris dengan Uni Eropa sebagai kekhawatiran utama mereka. Penurunan poundsterling terhadap dolar dipandang sebagai satu-satunya lapisan perak pada pemungutan suara tahun lalu untuk meninggalkan Uni Eropa.

Survei bisnis lainnya menunjukkan kelemahan dalam rencana investasi, yang cenderung mengecewakan beberapa pembuat kebijakan Bank of England (BoE) yang berpikir bahwa investasi dan ekspor akan mengkompensasi penurunan konsumen.

Pekan ini sebuah survei British Chambers of Commerce menunjukkan niat investasi di sektor jasa dominan tergelincir, menyusul survei Deloitte terhadap pejabat keuangan utama yang menunjukkan hal yang sama. CBI melakukan survei antara 28 Juni dan 3 Juli.

 


(ABD)