Bos IMF: Arus Modal Keluar Masih Berlanjut

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 12 Oct 2018 09:18 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi duniaekonomi indonesiaIMF-World Bank
Bos IMF: Arus Modal Keluar Masih Berlanjut
Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (AFP/GOH CHAI HIN)

Nusa Dua: Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) menilai pergerakan arus modal keluar atau capital outflow akan tetap berlanjut. Kenaikan suku bunga acuan oleh Federal Reserve memicu terjadinya arus modal keluar khususnya di negara berkembang.

Namun, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengungkapkan, apa yang dilakukan oleh bank sentral Amerika Serikat (AS) bukan sesuatu yang salah. Pasalnya, kenaikan suku bunga oleh the Fed sudah melihat sejumlah indikator perekonomian di Amerika Serikat, terutama data tenaga kerja dan tingkat inflasi.

"Tidak dapat dipungkiri bahwa bank sentral AS membuat keputusan yang mereka perlukan. Dan jelas sebagai akibat dari itu sangat mungkin bahwa kita telah melihat dan akan terus melihat pergerakan modal (keluar)," kata Lagarde, di Nusa Dua, Bali, Kamis, 11 Oktober 2018.



Namun, mantan Menteri Keuangan Perancis ini tidak bisa memperkirakan, kapan volatilitas arus modal di pasar keuangan akan berakhir. Lagarde menambahkan pihaknya tidak bisa memberikan pandangan hanya karena pengamatan yang dilakukan sehari atau dua hari.

"Kami tidak bisa berkomentar setiap hari apa yang terjadi di pasar. Ada pasang surut dan menurut saya perlu diamati," pungkas dia.

 


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA