Kenaikan Cadangan di Malaysia Dapat jadi Beban Harga CPO

   •    Rabu, 12 Sep 2018 17:33 WIB
cpo
Kenaikan Cadangan di Malaysia Dapat jadi Beban Harga CPO
Ilustrasi. (FOTO: MI/Abdullah)

Jakarta: Regulator industri Malaysian Palm Oil Board (MPOB) pada hari ini melaporkan bahwa cadangan minyak sawit Malaysia pada akhir Agustus naik 12,4 persen dari bulan sebelumnya menjadi 2.49 juta ton, tertinggi dalam enam bulan terakhir.

Usai perdagangan Senin dan Selasa ditutup, harga CPO berpeluang turun pada hari ini setelah berakhir turun 0,5 persen di level 2.266 ringgit Malaysia pada Jumat, karena kenaikan cadangan minyak sawit serta anjloknya harga minyak nabati lainnya.

"Berdasarkan data MPOB, produksi di Agustus juga mengalami kenaikan sebesar 7,9 persen dari bulan sebelumnya menjadi 1,62 juta ton, imbangi melambatnya kenaikan dalam ekspor yang terlihat di 1,23 juta ton," ujar Analis Monex Investindo Futures Faisyal dalam hasil risetnya, Rabu, 12 September 2018.

Cadangan minyak sawit Indonesia saat ini di level 4,901 juta ton dan cadangan Malaysia terlihat melampaui 2,20 juta ton, kemungkinan akan melihat cadangan pasar melonjak untuk di atas tujuh juta ton. Kondisi ini diperkirkaan juga akan memberikan tekanan turun pada harga CPO.

Di sisi lain untuk harga gandum berjangka AS turun sebesar dua persen pada perdagangan Selasa, mencetak penurunan kelima dalam enam sesi terakhir, karena dana investasi mengurangi eksposur risiko terhadap komoditas setelah adanya reli short-covering yang mengejutkan pada perdagangan Senin.

Sementara untuk harga CPO kontrak November 2018 pada hari ini dibuka di level 2.260 ringgit Malaysia, dengan level tertingginya di 2.263 ringgit Malaysia dan level terendahnya di 2.248 ringgit Malaysia dengan harga saat ini sedang berada di level 2.252 ringgit Malaysia.

Potensi pelemahan pada hari ini perlu dikonfirmasi untuk penembusan bawah level 2.240 ringgit Malaysia (support 1), 2.235 ringgit Malaysia (support 2), dan 2.220 ringgit Malaysia (support 3) dan jika harga berbalik menguat, harga berpotensi naik untuk menguji level 2.270 ringgit Malaysia (resisten 1), 2.276 ringgit Malaysia (resisten 2), dan 2.290 ringgit Malaysia (resisten 3).


(AHL)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA