Bahas Perpanjangan Pemangkasan Produksi

OPEC dan Negara Bukan Anggota Siap Melakukan Pertemuan

Angga Bratadharma    •    Jumat, 21 Apr 2017 15:33 WIB
minyak mentahopec
OPEC dan Negara Bukan Anggota Siap Melakukan Pertemuan
Ilustrasi (REUTERS/Heinz-Peter Bader)

Metrotvnews.com, London: Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) berencana untuk bertemu dengan produsen minyak bukan anggota OPEC pada hari yang sama dengan konferensi yang dijadwalkan di 25 Mei. Pertemuan itu akan memutuskan apakah akan memperpanjang pemangkasan produksi ke paruh kedua di tahun ini atau tidak.

Para menteri dari OPEC akan mengadakan pertemuan mereka di kantor pusat Wina. Perundingan bersama dengan menteri perminyakan negara bukan anggota OPEC juga akan berlangsung hari itu, kata dua sumber. Langkah ini sejalan dengan upaya bersama untuk mengangkat kembali harga minyak dunia ke level yang tinggi.

Sejumlah anggota OPEC utama termasuk eksportir utama Arab Saudi mendukung perluasan pasokan mereka ke paruh kedua di 2017 jika semua produsen yang berpartisipasi, termasuk Rusia dan negara-negara bukan anggota OPEC lainnya sepakat, sumber OPEC mengatakan.

"Itu semua tergantung pada posisi Rusia," kata seorang delegasi OPEC, seperti dikutip dari Reuters, Jumat 21 April 2017.

Moskow belum menyatakan apakah pihaknya mendukung memperpanjang pembatasan, meskipun Menteri Energi Alexander Novak mengatakan bulan ini bahwa Rusia akan segera memulai konsultasi dengan produsen minyaknya sendiri mengenai kemungkinan untuk melakukannya.

Rencana untuk pertemuan hari yang sama menunjukkan bahwa masalah tersebut akan diselesaikan lebih cepat daripada tahun lalu, ketika kesepakatan tersebut disetujui. OPEC bertemu pada 30 November untuk memutuskan pemotongan produksinya sendiri, dan sebuah pertemuan dengan OPEC berlangsung lebih dari seminggu kemudian.

Sebelumnya, berdasarkan kesepakatan, OPEC membatasi produksi sekitar 1,2 juta barel per hari mulai dari 1 Januari 2017 selama enam bulan ke depan dalam upaya untuk memberantas kekurangan pasokan. Rusia dan 10 produsen bukan anggota OPEC lainnya sepakat untuk memotong setengahnya.


(ABD)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

2 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA