Kenaikan Suku Bunga The Fed Masih Terlalu Dini

   •    Minggu, 10 Sep 2017 17:10 WIB
the fed
Kenaikan Suku Bunga The Fed Masih Terlalu Dini
William Dudley, Presiden The Fed untuk New York. AFP PHOTO Kirsty Wigglesworth.

Metrotvnews.com, Washignton: William Dudley, Presiden The Fed  untuk New York mengatakan bahwa  ketidakpastian ekonomi dan pasar global membuat kenaikan suku bunga masih sulit untuk dilakukan The Fed. 

"Terlalu dini untuk menilai kapan waktu kenaikan suku bunga berikutnya terjadi, namun jalurnya masih jelas bahwa suku bunga jangka pendek akan bergerak lebih tinggi," kata Dudley dikutip dari Xinhua, Minggu 10 September 2017. 

The Fed menghadapi sinyal ekonomi yang kontradiktif. Pertumbuhan ekonomi  menunjukkan kebutuhan untuk menaikkan suku bunga, sementara tingkat inflasi yang masih rendah menunjukkan bahwa kenaikan suku bunga masih tak penting. 

Ekonomi AS pada kuartal II tumbuh 2,6 persen atau lebih baik dari kuartal I 2017 yang mencapai 1,28 persen.  Pada kuartal kedua, belanja konsumen, yang menyumbang lebih dari dua pertiga perekonomian AS naik 1,9 persen  dari kuartal I 2017. Kenaikan belanja konsumen sempat mensinyalkan mulai kuatnya perekonomian AS. 

Menurut risalah rapat kebijakan Fed bulan Juli yang dirilis bulan lalu, pejabat Fed sedang membahas kenaikan suku bunga di tengah inflasi rendah yang berkelanjutan.

Pada Juni, bank sentral menaikkan suku bunga acuan untuk keempat kalinya sejak Desember 2015 dan mengumumkan sebuah rencana untuk memangkas kepemilikan obligasi Treasury AS dan sekuritas berbasis mortgage lainnya pada akhir tahun ini. 

The Fed akan mengadakan pertemuan kebijakan berikutnya pada 19-20 September. Sebagian besar ekonom memperkirakan Fed akan menurunkan neraca keuangannya dengan kenaikan suku bunga di Desember. 


 


(SAW)