Survei: Banyak yang Menyambut Baik Penaikan Suku Bunga Fed

   •    Sabtu, 02 Feb 2019 17:01 WIB
ekonomi amerikathe fed
Survei: Banyak yang Menyambut Baik Penaikan Suku Bunga Fed
Gedung The Fed (Karen Bleier/AFP)

New York: Federal Reserve kemungkinan terus mempertahankan suku bunga acuan bergerak stabil untuk saat ini, sebuah langkah yang didukung oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Hal itu juga sejalan dengan kritik Trump terhadap the Fed karena penaikan suku bunga acuan dianggap menganggu momentum pertumbuhan ekonomi,

Namun, Ketua the Fed Jerome Powell mengindikasikan adanya kemungkinan lebih banyak keputusan penaikan suku bunga acuan di masa mendatang dan banyak orang Amerika tampaknya baik-baik saja dengan posisi bank sentral, sebuah jajak pendapat baru telah menunjukkan.

"Tanda-tanda kenaikan inflasi baru-baru ini, yang mendorong the Fed ke penaikan suku bunga acuan mulai 2015 tidak selalu buruk," kata investor, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 2 Februari 2019.

Penaikan tingkat suku bunga acuan umumnya dianggap ada indikasi bahwa ekonomi AS berjalan baik dan membuka jalan untuk kenaikan gaji dan pengembalian yang lebih baik pada tabungan, meskipun biaya pinjaman meningkat. Bisa dikatakan pertumbuhan ekonomi lebih berkualitas dan berdampak terhadap tingkat kesejahteraan.

Sebanyak 44 persen dari responden yang disurvei oleh E-Trade mengatakan pengembalian yang lebih baik pada tabungan adalah efek paling penting dari penaikan suku bunga acuan, sementara 37 persen mengatakan penaikan suku bunga acuan menimbulkan risiko bahwa meminjam uang lebih mahal.

"Orang-orang yang memiliki tabungan tersenyum setiap kali the Fed menaikkan suku bunga," kata Kepala Analis Keuangan Bankrate Greg McBride.

Hanya sembilan persen dari yang disurvei khawatir tingkat suku bunga variabel berdampak pada kartu kredit mereka, yang umumnya naik sejalan dengan suku bunga acuan the Fed. Meski Fed telah menaikkan suku bunga dana sembilan kali dalam tiga tahun, kenaikan itu sebagian besar tidak mengalir ke konsumen dalam bentuk hasil tabungan yang lebih baik sampai saat ini.

Menurut proyeksi terbaru dari anggota individu pada Komite Pasar Terbuka Kebijakan Federal, ada dua penaikan suku bunga acuan kemungkinan akhir tahun ini dan mungkin satu lagi setelah itu. E-Trade melakukan survei hampir kepada 1.000 investor aktif pada awal Januari yang memiliki setidaknya USD10 ribu dalam akun broker online.


(ABD)