Pembelian Teknis Dorong Harga Emas Berjangka Naik Tipis

   •    Rabu, 12 Sep 2018 07:32 WIB
harga emasemasekonomi dunia
Pembelian Teknis Dorong Harga Emas Berjangka Naik Tipis
Ilustrasi (AFP/Joe Klamar)

Chicago: Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange sedikit lebih tinggi pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB). Kondisi itu karena investor beralih ke pembelian teknis di tengah ketegangan perdagangan yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat dan mitra dagang utamanya.

Mengutip Antara, Rabu, 12 September 2018, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember, naik sebanyak USD2,4 atau 0,2 persen menjadi ditutup pada USD1.202,2 per ons.

Para pelaku pasar terfokus pada berita utama perdagangan dan data ekonomi yang beragam, ketika pembicaraan Amerika Serikat dengan Kanada tentang masa depan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) sedang berlangsung.

Namun, greenback memberikan tekanan terhadap logam mulia. Indeks dolar Amerika Serikat (USD) yang mengukur mata uang greenback terhadap enam mata uang utama saingannya naik sebanyak 0,11 persen menjadi 95,24 pada pukul 19.30 GMT.

Emas biasanya bergerak berlawanan arah dengan USD yang berarti jika USD menguat maka emas berjangka akan turun, karena emas yang dihargakan dalam USD menjadi mahal bagi investor yang menggunakan mata uang lainnya.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Desember turun 2,8 sen AS atau 0,2 persen menjadi menetap di USD14,153 per ons. Platinum untuk penyerahan Oktober turun sebanyak USD0,7 atau 0,09 persen menjadi ditutup pada USD789,3 per ons.

 


(ABD)