Trump Siap Kembangkan Industri Batu Bara AS

Angga Bratadharma    •    Selasa, 21 Mar 2017 10:18 WIB
batu baraekonomi amerika
Trump Siap Kembangkan Industri Batu Bara AS
Presiden AS Donald Trump (REUTERS Jonathan Ernst)

Metrotvnews.com, New York: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sedang mempersiapkan sebuah tindakan eksekutif baru untuk menyimpan pertambangan batu bara dan membuat penambang kembali bekerja. Langkah itu diharapkan memberi efek positif bagi gerak ekonomi AS.

"Kami sedang mempersiapkan tindakan eksekutif baru untuk menyelamatkan industri batu bara dan menyelamatkan penambang batu bara kami. Itu agar tetap membuat mereka (penambang) terus bekerja," kata Trump, seperti dikutip dari Reuters, Selasa 21 Maret 2017.

Di sisi lain, harga minyak dunia tergelincir pada Senin waktu setempat (Selasa WIB) meski ada pemberitaan bahwa OPEC mendukung memperpanjang kontrak enam bulan untuk memangkas produksi. Adapun hal itu terjadi lantaran ada kekhawatiran mengenai pertumbuhan produksi minyak Amerika Serikat (AS) dan persediaan yang tinggi.


Presiden AS Donald Trump memegang perintah eksekutif mengenai penarikan AS dari Trans Pacific Partnership (REUTERS/Kevin Lamarque)

Harga patokan minyak mentah berjangka Brent sempat melonjak ke wilayah positif, tetapi beringsut turun lagi setelah sumber dalam kelompok mengatakan Organisasi Negara Pengekspor Minyak sedang mempertimbangkan untuk memperpanjang pemotongan produksi ke dalam paruh kedua 2017.

Lonjakan singkat ini mengulangi pola yang telah muncul dalam 10 hari terakhir setelah kekalahan pasar yang melihat spekulan besar telah keluar pada angka persediaan yang tetap tinggi. Minyak mentah telah membuat beberapa upaya untuk rebound setelah menurun 10 persen, setelah melonjak singkat.


Api muncul dari pipa di ladang minyak di Basra, Baghdad, Irak (REUTERS/Essam Al-Sudani)

Analis mengatakan investor cenderung spekulatif untuk terus mengurangi posisi bullish, berkat optimisme di kalangan produsen AS yang meningkatkan aktivitas pengeboran, yang sebagian akan mengimbangi upaya OPEC guna mengurangi pasokan.

"Saya pikir minyak bereaksi dengan kenaikan yang mantap dalam hitungan rig AS dan kesadaran bahwa momentum membangun ke downside dari reposisi kepentingan spekulatif di pasar," kata Partner Again Capital di New York John Kilduff.


(ABD)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

2 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA