Kesepakatan OPEC Angkat Harga Minyak ke USD63,57/Barel

Ade Hapsari Lestarini    •    Jumat, 01 Dec 2017 10:09 WIB
minyak mentah
Kesepakatan OPEC Angkat Harga Minyak ke USD63,57/Barel
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

New York: Harga minyak mentah dunia kembali menguat pada perdagangan Kamis waktu setempat. Penguatan ini didukung oleh Negara-negara penghasil minyak (OPEC) dan produsen minyak non-OPEC yang sepakat memperpanjang pemotongan produksi sampai akhir 2018.

Menteri Energi, Industri dan Sumber Daya Mineral Arab Saudi Khalid Al-Falih mengungkapkan sebanyak 24 negara memutuskan untuk mempertahankan produksi sekitar 1,8 juta barel per hari (bpd) sampai 31 Desember 2018.

Melansir Xinhua, Jumat, 1 Desember 2017, keputusan tersebut muncul dalam ekspektasi para analis meskipun Rusia, menjelang pertemuan tersebut, mengungkapkan keprihatinannya mengenai perpanjangan pemotongan output.

Pada 2016, negara-negara OPEC mencapai kesepakatan di Wina untuk mengurangi produksi minyak harian selama paruh pertama 2017 untuk meningkatkan harga minyak dunia. Kesepakatan tersebut juga didukung oleh 11 negara non-OPEC.

Pada akhir Mei, para pihak dalam kesepakatan tersebut setuju untuk memperpanjang kesepakatan tersebut sampai akhir Maret 2018.

Adapun harga minyak berjangka West Texas Intermediate untuk pengiriman Januari naik USD0,10 dan menetap ke USD57,40 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari menguat USD0,46 menjadi USD63,57 per barel di London ICE Futures Exchange.

 


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA