Komisi Eropa Naikkan Prediksi PDB Kroasia jadi 3,2%

Angga Bratadharma    •    Jumat, 10 Nov 2017 16:04 WIB
ekonomi eropaeropauni eropa
Komisi Eropa Naikkan Prediksi PDB Kroasia jadi 3,2%
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Zagreb: Komisi Eropa menaikkan prediksi pertumbuhan Produk Domestuk Bruto (PDB) Kroasia dari 2,9 persen menjadi 3,2 persen, kantor berita Kroasia Hina melaporkan. Pertumbuhan yang lebih besar diharapkan karena ekonomi telah menolak krisis di Agrokor, perusahaan swasta terbesar di negara yang dilanda krisis utang.

Pada perkiraan musim semi, Komisi memangkas estimasi pertumbuhan PDB Kroasia dari 3,1 persen menjadi 2,9 persen karena pecahnya krisis di Agrokor. Pemerintah Kroasia melakukan intervensi di perusahaan tersebut dan memasang manajer yang ditunjuk negara yang sekarang mengubah perusahaan itu.

Namun, dalam prakiraan baru, tingkat pertumbuhan naik menjadi 3,2 persen, karena sejak bulan-bulan musim panas, produksi industri dan perdagangan ritel meningkat tajam. Selain itu, menurut perkiraan Komisi Eropa, kedatangan wisatawan dan jumlah menginap semalam meningkat dua digit.

"Tren ini bergabung dengan indikator mood konsumen yang kuat, menunjukkan bahwa ekonomi akan terus tumbuh kuat di paruh kedua tahun ini, sehingga perkiraan pertumbuhan PDB sepanjang 2017 bisa menjadi 3,2 persen," ungkap Komisi Eropa, seperti dilansir Xinhua, Jumat 10 November 2017.

Menurut perkiraan, PDB Kroasia akan mengalami kenaikan pada 2017 di atas rata-rata UE yang bisa mencapai 2,3 persen. Bank Nasional Kroasia baru-baru ini meningkatkan estimasi pertumbuhannya dari 3,0 persen menjadi 3,3 persen.

Sedangkan Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) juga optimistis dan telah meningkatkan perkiraan pertumbuhannya dari 2,9 persen menjadi 3,1 persen, sementara Bank Dunia telah mempertahankan perkiraan 2,9 persen.


(ABD)