Pertumbuhan PDB Global Diperkirakan Capai 3% di 2018

Angga Bratadharma    •    Rabu, 15 Nov 2017 12:02 WIB
ekonomi dunia
Pertumbuhan PDB Global Diperkirakan Capai 3% di 2018
Ilustrasi (FOTO: RBS)

New York: Setelah melampaui ekspektasi pada 2017, ekonomi global diproyeksikan untuk meneruskan momentum saat ini guna menghasilkan tingkat pertumbuhan di angka tiga persen di 2018, kata Dewan Konferensi dalam Prospek Perekonomian Global 2018. Diharapkan sejumlah sentimen positif bisa terus berdatangan.

"Pertumbuhan global akhirnya meninggalkan gerbang awal sejak krisis ekonomi dan keuangan global. Pertumbuhan PDB, yang kami perkirakan tumbuh 2,8 persen tahun lalu, kemungkinan akan berakhir sekitar tiga persen untuk 2017, dan sampai 2018," kata Kepala Ekonom Dewan Konferensi Bart van Ark, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu 15 November 2017.

Tumbuhnya pertumbuhan PDB pada 2017 mencerminkan kombinasi peristiwa unik, termasuk stabilisasi harga energi dan komoditas, meningkatkan kepercayaan bisnis berdasarkan harapan akan stimulus fiskal dan reformasi pajak oleh administrasi Trump, pemulihan siklis di Eropa, dan pertumbuhan kebijakan Tiongkok.



Laporan tersebut juga mengidentifikasi beberapa kekuatan yang dapat membantu memperkuat kualitas pertumbuhan dan membuatnya lebih berkelanjutan selama dekade berikutnya. Kabar baiknya adalah peran yang lebih besar untuk faktor pertumbuhan kualitatif yakni peningkatan keterampilan kerja, digitalisasi, dan pertumbuhan produktivitas yang lebih kuat.

"Hal itu dapat membantu mempertahankan pertumbuhan dan memberikan kondisi bisnis yang lebih baik untuk berkembang selama dekade berikutnya," ungkap Van Ark. .

Kekurangan tenaga kerja dapat membantu mendorong pertumbuhan investasi yang lebih cepat terutama di sektor-sektor dengan permintaan talenta yang tinggi. Peningkatan intensitas modal ini merupakan sumber pertumbuhan produktivitas tenaga kerja, terutama untuk Eropa, Amerika Serikat, dan negara dewasa lainnya.

Pertumbuhan investasi juga dapat didukung oleh peningkatan kualitas modal, yang disebabkan oleh pergeseran investasi lebih banyak pada mesin dan peralatan dan konsentrasi yang lebih besar dalam aset dan layanan digital. Momentum di negara maju meningkat pada 2017, yang membuat mereka terus tumbuh dengan kecepatan yang layak pada 2018.

 


(ABD)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

4 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA