Menteri dan Keuangan UE Kembali Tekankan Pentingnya Kekuatan Moneter

Arif Wicaksono    •    Minggu, 17 Sep 2017 15:44 WIB
uni eropa
 Menteri dan Keuangan UE Kembali Tekankan Pentingnya Kekuatan Moneter
ekonomi uni eropa.(Wikimedia Commons).

Metrotvnews.com, Tallin: Menteri ekonomi dan keuangan serta gubernur bank sentral Uni Eropa (UE) menekankan pentingnya  peran kekuatan  ekonomi dan moneter di seluruh anggota UE.

Menteri Keuangan Estonia Toomas Toniste mengatakan bahwa dalam pertemuan informal para menteri Uni Eropa percaya bahwa memanfaatkan persatuan ekonomi dan moneter merupakan salah satu aspek terpenting terhadap masa depan UE. 

"Ke 28 negara anggota tertarik pada serikat ekonomi dan moneter yang kuat dan kebijakan fiskal yang terkelola dengan baik, terutama di masa-masa pertumbuhan ekonomi yang kuat di Eropa," katanya dikutip dari Xinhua, Minggu 17 September 2017. 

Selain itu, para menteri mengakui perlunya solusi dan layanan baru untuk inovasi keuangan. Hal ini mengacu pada kebutuhan untuk meminimalkan risiko yang terkait dengan teknologi keuangan (Fintech).

Ekspansi Fintech saat ini terlalu kecil untuk menimbulkan risiko terhadap stabilitas keuangan, namun, pertumbuhan teknologi keuangan yang cepat memerlukan usaha untuk memetakan risiko yang menyertainya. 

"Fintech sebagai area prioritas di tahun-tahun mendatang," kata Gubernur Bank Sentral Estonia Eesti Pank Ardo Hansson. 

Wakil presiden Bank Sentral Eropa Vitor Constancio  juga menyoroti perlunya membuat tata kelola Uni Eropa menjadi lebih efisien dan transparan, serta pentingnya melakukan reformasi struktural.

Sementara wakil presiden Komisi Eropa untuk dialog euro dan sosial Valdis Dombrovskis menekankan perlunya memodernisasi serta menjaga stabilisasi fisik untuk memperkuat kekuatan moneter Eropa.



(SAW)