Harga Minyak Dunia Menguat Usai Stok AS Turun

Angga Bratadharma    •    Rabu, 12 Jul 2017 07:32 WIB
minyak mentah
Harga Minyak Dunia Menguat Usai Stok AS Turun
Seorang pekerja memeriksa katup pipa minyak di ladang minyak Nahr Bin Umar, utara Basra, Irak (REUTERS/Essam Al-Sudani)

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak dunia naik lebih dari 2,5 persen pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB). Hal itu terjadi seiring dengan meningkatnya harga minyak pemanas pada laporan yang menunjukkan penurunan produksi minyak AS dan penurunan stok bahan mentah dan produk pertanian AS.

Stok minyak mentah AS anjlok hampir tiga kali lipat dari perkiraan dalam minggu terakhir, sementara persediaan bensin turun tak terduga dan stok distilasi terbentuk, kelompok industri American Petroleum Institute mengatakan pada hari Selasa.

"Kondisi ini memberi tahu kepada Anda permintaan secara global jauh lebih kuat daripada yang diperkirakan orang dan itu memiliki efek positif bersih terhadap harga pemanasan," kata Spesialis Energi ICAP Broker Energi Scott Shelton, seperti dikutip dari Reuters, Rabu 12 Juli 2017.

Persediaan minyak mentah turun sebesar 8,1 juta barel pada minggu ke 7 Juli menjadi 495,6 juta, dibandingkan dengan ekspektasi analis terhadap penurunan 2,9 juta barel. Stok minyak mentah di pusat pengiriman Cushing, Oklahoma, turun 2 juta barel, kata API.


Api muncul dari pipa di ladang minyak di Basra, Baghdad, Irak (REUTERS/Essam Al-Sudani)

Benchmark Brent LCOc1 berjangka naik 64 sen atau 1,4 persen, dan menetap di USD47,52 per barel. Minyak mentah CNC AS West China Intermediate juga naik 64 sen atau 1,4 persen dan menetap di USD45,04 per barel.

Setelah penutupan dan data API yang mendukung, Benchmark Brent LCOc1 futures naik USD1,25 atau 2,7 persen menjadi USD48,12 per barel. Minyak mentah Intermediate AS West Clc1 naik USD1,31 atau 2,9 persen guna bertahan di USD45,71 per barel.

Sementara itu, minyak pemanas AS HOc1 futures, naik 1,6 persen pada Selasa waktu setempat (Rabu WIIB), meningkatkan retak produk CL321-1 = R, ukuran margin kilang, ke tertinggi sejak akhir Mei. Kilang Eropa meningkatkan asupan minyak mentah pada Juni, namun stok produk minyak, terutama diesel, meluncur, data Euroilstock menunjukkan.

 


(ABD)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

4 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA