Prancis Harap Hubungan Ekonomi dengan Tiongkok Terus Menguat

Angga Bratadharma    •    Selasa, 09 Jan 2018 15:04 WIB
ekonomi chinaekonomi eropationgkokprancisuni eropa
Prancis Harap Hubungan Ekonomi dengan Tiongkok Terus Menguat
Presiden Prancis Emmanuel Macron (AFP/BERTRAND GUAY)

Beijing: Presiden Prancis Emmanuel Macron berada di Tiongkok pada Senin waktu setempat (Selasa WIB) untuk kunjungan kenegaraan tiga hari yang dirancang untuk memperkuat hubungan ekonomi dan politik antara Beijing dan ekonomi terbesar kedua zona euro. Adapun kunjungan ini diharapkan membawa keuntungan bagi masing-masing negara.

Mengutip Xinhua, Selasa, 9 Januari 2018, memperbaiki hubungan perdagangan dan bisnis merupakan agenda utama dan Macron memimpin delegasi sekitar 50 perwakilan bisnis papan atas ke Tiongkok. Seperti negara-negara lain yang melakukan penawaran ke Beijing, baik AS dan Inggris, Prancis ingin meningkatkan aksesnya ke pasar dan konsumen Tiongkok.

Airbus yang berbasis di Toulouse dilaporkan menawarkan kepada Tiongkok sebuah kemitraan industri jika menempatkan pesanan untuk pesawat jet penumpang terbesar di pesawat terbang, A380. Chief Operating Officer Airbus Fabrice Bregier, yang merupakan bagian dari misi dagang Macron, dijadwalkan mengadakan pembicaraan di Tiongkok pada Senin.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa Airbus siap untuk menghentikan produksi A380 karena penjualan yang lambat, sehingga sebuah kesepakatan bisa menjadi hal yang penting bagi perusahaan tersebut. Kunjungan itu menjadi panas karena adanya kesepakatan perdagangan yang ditandatangani antara Tiongkok dan Prancis pada Desember.

Tentunya perjanjian itu menjanjikan perlakuan timbal balik dalam hal hubungan komersial. Tiongkok telah lama dituduh sebagai negara dengan pendekatan proteksionis terhadap ekonominya, namun mengatakan bahwa siap untuk membuka lebih banyak pasar bagi investasi asing.

Berbicara di Kota Xi'an, Macron mendukung inisiatif Belt and Road Tiongkok, dengan mengatakan Tiongkok dan Eropa harus berkolaborasi sehingga Silk Road yang baru bukan jalan satu arah. Dia juga merujuk kekhawatiran tentang surplus perdagangan Tiongkok. Presiden Prancis tersebut dijadwalkan bertemu dengan mitranya, Presiden Xi Jinping, Senin malam.

Seperti pemimpin global lainnya yang mengunjungi Tiongkok dan berharap bisa merayu kepemimpinan negara tersebut, Prancis sangat antusias untuk membuat kesan yang baik dengan Macron yang dilaporkan mempresentasikan kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping hadiah kuda yang tidak biasa menjelang kunjungan kenegaraannya.


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

13 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA