Pertama Kalinya, Dow Jones Tembus Level 24.000

Ade Hapsari Lestarini    •    Jumat, 01 Dec 2017 09:16 WIB
wall street
Pertama Kalinya, Dow Jones Tembus Level 24.000
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

New York: Bursa Amerika Serikat (AS) berakhir lebih tinggi pada perdagangan Kamis waktu setempat. Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup di atas 24.000 poin untuk pertama kalinya.

Penguatan ini karena investor optimistis tentang prospek rencana reformasi pajak yang akan dikeluarkan Pemerintah AS. Demikian seperti dilansir dari Xinhua, Jumat, 1 Desember 2017.

Indeks Dow Jones Industrial Average menguat 331,67 poin atau 1,39 persen menjadi 24.272,35. Indeks S & P 500 naik 21,51 poin atau 0,82 persen menjadi 2.647,58 dan indeks Nasdaq Composite menguat 49,58 poin atau 0,73 persen menjadi 6.873,97.

Wall Street menunggu pemungutan suara Senat untuk reformasi pajak Kamis nanti. Komite Anggaran Senat AS pada Selasa menyetujui tagihan pajak Republik untuk merombak kode pajak AS, dan mengirimkannya ke lantai Senat untuk memberikan suara.

Ekuitas AS telah membukukan kenaikan yang solid dan mencatat rekor tertinggi beberapa kali sejak Hari Pemilu, sebagian didorong oleh ekspektasi pajak perusahaan yang lebih rendah.

Russell 2000, yang melacak saham-saham small-cap, juga mencapai rekor tertinggi pada perdagangan Kamis. Investor pun bersorak atas data ekonomi yang kuat di negara tersebut.

Produk domestik bruto (GDP) AS meningkat pada tingkat tahunan sebesar 3,3 persen pada kuartal ketiga 2017, menurut perkiraan "kedua" yang dikeluarkan pada Rabu. Pertumbuhan ekonomi yang kuat cenderung mendorong ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga lainnya oleh the Fed pada Desember.

Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen mengatakan langkah tepat bagi bank sentral untuk melanjutkan kenaikan suku bunga secara bertahap dengan harapan bahwa ekonomi dan pasar kerja akan tetap kuat.

"Kami terus berharap bahwa kenaikan bertahap dalam tingkat dana federal akan sesuai untuk menopang pasar tenaga kerja yang sehat dan menstabilkan inflasi di sekitar tujuan dua persen FOMC (Komite Pasar Terbuka Terbuka)," kata Yellen dalam sambutannya di hadapan Kongres Gabungan Komite Ekonomi Bersama.

Penghasilan pribadi AS meningkat USD65,1 miliar atau 0,4 persen pada Oktober menurut data Departemen Perdagangan AS. Pada Oktober, pendapatan pribadi disposable (DPI) meningkat USD66,1 miliar atau 0,5 persen dan pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) meningkat USD34,4 miliar atau 0,3 persen.


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA