Bank Sentral Tiongkok Tunda Operasi Pasar Terbuka

Angga Bratadharma    •    Senin, 12 Feb 2018 07:02 WIB
ekonomi chinationgkok
Bank Sentral Tiongkok Tunda Operasi Pasar Terbuka
Markas PBOC, di Beijing, Tiongkok (FOTO: AFP)

Beijing: Bank sentral Tiongkok atau People's Bank of China (PBOC) menunda operasi pasar terbuka pada Minggu waktu setempat. Penundaan itu dengan alasan likuiditas yang cukup dalam sistem perbankan.

"Langkah ini untuk mengimbangi pengaruh dari faktor-faktor seperti penggunaan rasio cadangan kontinjensi (CED) dan pengeluaran fiskal untuk menjaga likuiditas yang stabil dalam sistem perbankan," kata PBOC, di situsnya, seperti dikutip dari Xinhua, Senin, 12 Februari 2018.

Dengan penggunaan CRA, hampir 2 triliun yuan (USD316,3 miliar) likuiditas telah dipompa ke pasar sejak pertengahan Januari, yang dapat memenuhi permintaan uang tunai sebelum liburan Spring Festival selama seminggu dari pertengahan Februari, menurut data PBOC.



Bank sentral semakin mengandalkan operasi pasar terbuka untuk pengelolaan likuiditas, daripada pemotongan suku bunga atau rasio persyaratan cadangan, memastikan fluktuasi kas tidak melebihi ekspektasi. Tiongkok akan mempertahankan kebijakan moneter yang hati-hati dan netral pada 2018 karena berusaha menyeimbangkan pertumbuhan dengan pencegahan risiko.

Sebelumnya, sektor jasa Tiongkok terutama bisnis berbasis internet akan terus mengungguli sektor lain di 2018 dan mendukung pertumbuhan ekonomi Tiongkok. Adapun Pemerintah Tiongkok diharapkan bisa terus melakukan perbaikan dan mendorong pertumbuhan ekonomi agar bisa lebih baik lagi di masa mendatang.

Analis Bank of Communications Tang Jianwei memperkirakan laju pertumbuhan sektor jasa akan melampaui sektor industri dengan ekonomi digital yang terus berkembang. Kondisi ini tentu perlu dimanfaatkan sebaik mungkin agar berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Tiongkok.

 


(ABD)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA