TPP Diupayakan Kembali Hidup di Pertemuan APEC

Angga Bratadharma    •    Kamis, 18 May 2017 07:45 WIB
perdagangan bebastpp
TPP Diupayakan Kembali Hidup di Pertemuan APEC
Ilustrasi (FOTO: Reuters)

Metrotvnews.com, Hanoi: Jepang dan anggota lain dari kemitraan perdagangan di Trans Pacific Partnership (TPP) di akhir pekan ini akan memutuskan bagaimana menghidupkan kembali perjanjian perdagangan yang sudah dibatalkan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Langkah itu penting untuk memacu perdagangan bebas.

Menteri perdagangan mereka akan berbicara di sela-sela pertemuan Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Hanoi, Vietnam, di mana perwakilan perekonomian AS yang baru diangkat Robert Lighthizer juga akan memberikan rincian lebih lanjut tentang rencana perdagangan Washington.

"Kami akan mencari tahu apakah menteri di TPP mengatakan bahwa mereka pasti terus maju hanya dengan mengubah artikel. Atau apakah mereka keluar dan mengatakan mereka positif tentang prospek tapi perlu lebih banyak diskusi," kata Direktur Eksekutif Sekretariat APEC Alan Bollard, seperti dikutip dari Reuters, Kamis 18 Mei 2017.



Ketidakpastian mengenai rencana tersebut setelah Trump meninggalkan kesepakatan perdagangan yang dia umpamakan sebagai 'pemerkosaan' Amerika telah membawa ketakutan akan proteksionisme dan memperkuat kredensial kepemimpinan Tiongkok di Asia.

Dukungan telah dibangun di antara apa yang disebut TPP-11 untuk mendorong maju tanpa Amerika Serikat meskipun perdagangan di dalam blok yang lebih kecil hanya seperempatnya antara 12 anggota asli, menurut data terbaru. Ke depan, ada kondisi yang bisa membantu posisi tawar para anggota dalam pembicaraan bilateral dengan Amerika Serikat.

Ini juga bisa melemahkan dominasi regional Tiongkok yang semakin meningkat, yang bukan bagian dari TPP dan mendukung kesepakatan perdagangan bebas yang lebih luas namun kurang komprehensif untuk Asia. Tentu pembahasan ini perlu dilakukans secara baik dan matang.

Setelah awalnya enggan bergerak maju tanpa Amerika Serikat, Jepang berada di garis depan untuk memberi dorongan bersama dengan Selandia Baru. Jepang telah menekankan bahwa pada akhirnya ingin membawa Amerika Serikat kembali. Pada Selasa, Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan bahwa Jepang ingin mengarahkan perdebatan ke arah yang jelas di Hanoi.

 


(ABD)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

5 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA