Di Tengah Perang Dagang

Investasi di Shanghai Naik 17,7 % di 2018

   •    Minggu, 27 Jan 2019 19:21 WIB
ekonomi china
Investasi di Shanghai Naik 17,7 % di 2018
Illustrasi AFP/SCOTT HEPPELL.

Shanghai: Di tengah kondisi perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) investasi di kawasan industri Shanghai naik 17,7 persen di 2018. Kenaikan ini merupakan pertumbuhan tertinggi selama satu dekade.

Berdasarkan laporan pemerintah yang diberitakan Xinhua, Minggu, 27 Januari 2019, kenaikan itu karena berkembangnya ekonomi riil yang disebabkan oleh industri baru seperti mobil dengan energi terbarukan, alat-alat kedokteran berteknologi tinggi dan biomedis.

Kota itu memulai konstruksi dengan lima proyek industri bernilai sebesar 10 miliar yuan atau setara dengan USD1,48 miliar serta 15 proyek yang investasinya masing masing melebihi 1 miliar yuan pada tahun lalu.

Disaat yang bersamaan 1.460 industri yang mencemari udara dan produksi yang tak efisien telah dipindahkan ke kota lain.

Pada 2019, Shanghai akan menaikkan ekonominya dan akan mendapatkan dukungan dari berkembangnya kecerdasan buatan serta biomedis.

Shanghai akan mendorong inovasi berbasis produksi seperti kendaraan pintar dan akan memproduksi 14 nanometer sirkuit yang terintegrasi pada tahun ini. Beberapa industri bioteknologi, robot dan semikonduktor akan memulai tahapan konstruksinya pada tahun ini di Shanghai.


(SAW)