Produksi Industri Tiongkok Tumbuh 7,0% di April 2018

   •    Rabu, 16 May 2018 13:06 WIB
ekonomi chinationgkok
Produksi Industri Tiongkok Tumbuh 7,0% di April 2018
Ilustrasi (FOTO: SCMP)

Beijing: Produksi industri Tiongkok tumbuh 7,0 persen pada April 2018 dibandingkan dengan periode yang sama di 2017. Angka itu jauh lebih tinggi dari yang diharapkan tetapi pertumbuhan investasi aset tetap melambat menjadi 7,0 persen dalam empat bulan pertama, di bawah perkiraan, data resmi menunjukkan.

Mengutip CNBC, Rabu, 16 Mei 2018, Analis yang disurvei telah memperkirakan pertumbuhan produksi industri akan meningkat menjadi 6,3 persen, memantul kembali dari pembacaan 6,0 persen yang lebih lunak dari perkiraan pada Maret.

Pertumbuhan investasi diperkirakan hanya melambat menjadi 7,4 persen dalam empat bulan pertama dari periode yang sama tahun sebelumnya, dibandingkan dengan 7,5 persen pada Januari-Maret. Investasi aset tetap sektor swasta naik 8,4 persen pada Januari-April, melambat dari pertumbuhan 8,9 persen dalam tiga bulan pertama.

Investasi swasta menyumbang sekitar 60 persen dari keseluruhan investasi di Tiongkok. Penjualan ritel naik 9,4 persen pada April dari tahun sebelumnya, meleset dari ekspektasi kenaikan 10,0 persen, dibandingkan dengan kenaikan 10,1 persen pada Maret.

Perekonomian Tiongkok tumbuh pada laju yang sedikit lebih cepat dari perkiraan sebesar 6,8 persen pada kuartal pertama, jauh di atas target Beijing sekitar 6,5 persen untuk setahun penuh. Pemerintah Tiongkok berharap pertumbuhan ekonomi bisa terus terjadi di masa-masa mendatang.

Namun para ekonom telah terjebak oleh perkiraan bahwa momentumnya akan mendingin di akhir tahun, bahkan jika Beijing dan Washington dapat mencapai kompromi dalam perselisihan perdagangan panas mereka.

 


(ABD)


Komentar Menperin soal Sariwangi Pailit

Komentar Menperin soal Sariwangi Pailit

10 hours Ago

Bangkutnya PT Sariwangi Agricultural Estates Agency (Sariwangi AEA) dan anak usahanya yaitu PT …

BERITA LAINNYA