Kuartal III-2017

Lembaga Keuangan Tiongkok Catat FDI Capai USD1,23 Miliar

Angga Bratadharma    •    Senin, 13 Nov 2017 12:03 WIB
ekonomi chinationgkok
Lembaga Keuangan Tiongkok Catat FDI Capai USD1,23 Miliar
Ilustrasi (FOTO: SCMP)

Beijing: Lembaga keuangan Tiongkok mencatat investasi asing langsung (FDI) mencapai sekitar USD1,23 miliar pada kuartal III-2017. Diharapkan kondisi seperti ini bisa memberikan efek positif terhadap laju perekonomian Tiongkok termasuk memperbaiki struktur ekonomi.

"Pada periode Juli-September, total investasi asing sebesar USD3 miliar mengalir ke lembaga keuangan Tiongkok, termasuk bank, perusahaan asuransi dan sekuritas. Sementara sebesar 1,8 miliar mengalir untuk investasi," kata Administrasi Mata Uang Asing (SAFE), seperti dikutip dari Xinhua, Senin 13 November 2017.

Ini adalah kuartal kedua terkait arus investasi bersih yang masuk, mengikuti USD2,1 miliar arus masuk bersih pada kuartal kedua dan USD1,3 miliar arus keluar investasi bersih yang masuk pada kuartal pertama. Pemerintah berharap hal semacam ini bisa terus berlanjut di masa-masa mendatang.

Lembaga keuangan menginvestasikan sekitar USD2,8 miliar ke luar negeri, mengalami kenaikan dari USD2,6 miliar pada kuartal kedua. Namun, beberapa investasi outbound USD3,5 miliar mengalir kembali ke Tiongkok pada periode yang sama, data SAFE menunjukkan.

SAFE telah mempublikasikan data tersebut setiap tiga bulan sejak 2012, sebagai bagian dari upaya regulator untuk meningkatkan transparansi statistik valuta asing. Dalam sembilan bulan pertama, FDI ke sektor non-keuangan Tiongkok naik tipis 1,6 persen, dibandingkan dengan penurunan 0,2 persen selama periode Januari-Agustus.

Perdagangan barang-barang Tiongkok mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dalam 10 bulan pertama di tahun ini, terutama karena permintaan internasional dan ekonomi domestik yang kuat. Adapun Pemerintah Tiongkok terus berupaya agar kinerja perdagangan bisa terus menguat di masa-masa mendatang.

 


(ABD)