Yunani Dapat Keuntungan dari Kerja Sama Bilateral dengan Tiongkok

Angga Bratadharma    •    Selasa, 12 Sep 2017 11:00 WIB
ekonomi yunani
Yunani Dapat Keuntungan dari Kerja Sama Bilateral dengan Tiongkok
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Thessaloniki: Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras menyebut Tiongkok merupakan kekuatan dari rencana strategis dan Yunani hanya dapat memperoleh keuntungan melalui kerja sama bilateral. Dalam hal ini, Yunani terus berada pada keputusan untuk keluar dari krisis dan memacu kembali pertumbuhan ekonomi agar bisa lebih baik lagi.

Mengutip Xinhua, Selasa 12 September 2017, sebagai negara terhormat yang menyelenggarakan Pameran Internasional Thessaloniki ke-82 (TIF), pameran dagang tahunan terbesar di Yunani, Tiongkok menjadi sorotan pembukaan pameran akhir pekan ini. Hal ini sejalan dengan peranan Tiongkok yang merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Dalam sebuah konferensi pers setelah pidato pembukaannya, pemimpin Yunani itu berkomentar mengenai mitra strategis Yunani, dan mengungkapkan kekagumannya atas strategi negara yang kuat dan damai. Tiongkok adalah satu dari beberapa negara dengan kekuatan seperti itu, memiliki strategi, rencana, dan mengetahui apa yang dia inginkan.

Menurutnya, Yunani haus akan investasi asing dan terbuka untuk membahas proyek kolaborasi dengan semua pihak yang berkepentingan, karena hanya bisa mendapatkan keuntungan dari investasi seperti yang dilakukan orang Tiongkok di pelabuhan Piraeus dalam beberapa tahun terakhir.

"Yunani adalah anggota zona euro, Eropa, sebuah pilar kebijakan Eropa berkat sejarah dan budayanya, dan secara paralel sebuah negara yang dapat berkomunikasi tidak seperti yang lain dengan Rusia, Tiongkok dan dunia Arab. Hanya beberapa negara berada dalam posisi untuk melakukan ini," tuturnya.

Ia menegaskan, Yunani harus menjadi negara dan ini menjadi visi Yunani untuk kebijakan luar negeri yang dimiliki. "Yang pasti akan berakar di zona euro, di jantung Eropa, namun juga akan memperluas cabang-cabangnya ke timur dan utara dan selatan," pungkasnya.


(ABD)