G20, Presiden Singgung Isu Digitalisasi bagi Ekonomi Global

Arif Wicaksono    •    Minggu, 09 Jul 2017 14:05 WIB
ktt g20
G20, Presiden Singgung Isu Digitalisasi bagi Ekonomi Global
Presiden Joko Widodo dalam G-20. Dok: Reuters/Axel Schmidt.

Metrotvnews.com, Jakarta: Di hadapan para petinggi negara G20, Presiden Jokowi menyinggung isu digitalisasi. Presiden meyakini teknologi digital akan semakin mengubah dan mendominasi kegiatan ekonomi.

“Indonesia mendukung kerja sama yang semakin erat untuk merumuskan kebijakan yang tepat dalam mengantisipasi perubahan ekonomi, bisnis, dan tenaga kerja akibat perubahan teknologi otomatisasi dan artificial intelligent,” tegas Presiden dikutip dari laman Setkab, Minggu 9 Juli 2017. 

Dia seraya menambahkan akan mendorong kerja sama perpajakan untuk menangani digital ekonomi dan e-commerce agar tercipta sistem pajak global yang adil.  Indonesia, lanjut Presiden, mendukung dikembangkannya fasilitas keuangan dan asuransi untuk negara-negara berkembang dalam menghadapi bahaya pandemik.

"Indonesia mendorong kerja sama yang semakin erat antara WHO dan World Bank untuk menghindari ancaman pandemik yang dapat menghancurkan ekonomi dan menciptakan krisis kemanusiaan," ujar Presiden.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam sesi tersebut antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Duta Besar Indonesia untuk Jerman Fauzi Bowo.



(SAW)