Iran Sepakat Perpanjangan Pemotongan Produksi Minyak

Arif Wicaksono    •    Minggu, 16 Apr 2017 19:37 WIB
minyak
Iran Sepakat Perpanjangan Pemotongan Produksi Minyak
Illustrasi. AXEL SCHMIDT,/Reuters.

Metrotvnews.com, Baghdad: Menteri Perminyakan Iran Bijan Zanganeh mengatakan sebagian besar produsen minyak mendukung perpanjangan pemotongan output oleh negara-negara OPEC dan negara-negara non-OPEC. Iran juga akan mendukung langkah tersebut.

"(Zanganeh) menekankan bahwa sebagian besar negara menginginkan keputusan OPEC diperpanjang," Kantor Berita Mahasiswa Iran (ISNA) melaporkan sebagaimana dikutip Reuters, Minggu 16 April 2017.

Dia juga menambahkan bahwa Iran juga mendukung keputusan tersebut dan mendukung sikap negara lain yang berpandangan sama dengan Iran.

"Jika orang lain mematuhi, demikian juga dengan Iran," kata Zanganeh,

Pasar telah mengalami kelebihan pasokan sejak pertengahan 2014, yang mendorong anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan beberapa produsen non-OPEC sepakat untuk memotong produksi dalam enam bulan pertama di 2017.

OPEC bertemu pada 25 Mei untuk mempertimbangkan perpanjangan pemotongan di luar Juni. Arab Saudi, Kuwait dan sebagian besar anggota OPEC lainnya condong untuk menyetujui hal ini jika kesepakatan dicapai dengan produsen lain, kata sumber OPEC kepada Reuters bulan lalu.

 


(SAW)