Trump Dinilai akan Hadapi Tantangan Rumit untuk Reformasi Pajak

Angga Bratadharma    •    Senin, 19 Jun 2017 07:15 WIB
pajakekonomi amerika
Trump Dinilai akan Hadapi Tantangan Rumit untuk Reformasi Pajak
Presiden AS Donald Trump (REUTERS/David Becker)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan para pemimpin Partai Republik di Kongres akan segera menghadapi tantangan yang rumit untuk reformasi pajak. Adapun tantangan itu berkaitan dengan bagaimana membatasi skema penghindaran pajak perusahaan AS yang memanfaatkan tarif pajak yang rendah di negara-negara asing.

Mengutip Reuters, Senin 19 Juni 2017, staf Kongres dan administrasi mulai memeriksa opsi untuk menangani skema pemindahan keuntungan mencakup apa yang disebut penentuan harga transfer, pengupasan laba, dan inversi pajak. Keputusan tentang menangani undang-undang perpajakan ini bisa terjadi sebelum Kongres meninggalkan kota untuk reses satu minggu.

Pembuat undang-undang mengatakan bahwa kode pajak saat ini memberi insentif bagi pengalihan keuntungan di luar negeri karena tingginya tarif pajak penghasilan dan peraturan perusahaan sebanyak 35 persen di AS, yang memungkinkan perusahaan menahan keuntungan di luar negeri yang bebas pajak sampai kembali ke tanah AS.


Presiden AS Donald Trump (REUTERS/Rick Wilking)

Tanpa tindakan efektif melawan penghindaran pajak, para ahli dan pelobi mengatakan undang-undang perpajakan dapat memicu eksodus pendapatan dan aset baru di luar negeri. Karena Trump dan Republikan di Kongres juga ingin mengakhiri pajak AS atas penghasilan asing, perusahaan dapat menghapus tagihan pajak AS mereka sama sekali tanpa batasan.

Adapun strategi pengurangan pajak telah digunakan selama beberapa dekade oleh perusahaan termasuk Microsoft Corp (MSFT.O), Apple Inc (AAPL.O), dan Amazon.com Inc (AMZN.O). Tentu hal ini sangat disayangkan dan diharapkan tidak terus terjadi.

Analis independen memperkirakan pemerintah federal merindukan lebih dari USD100 miliar per tahun dalam pendapatan pajak perusahaan sebagai hasil manuver pengurangan pajak. Itu setara dengan sepertiga dari pendapatan pajak perusahaan tahunan sebesar USD300 miliar.

Pekan lalu, Komite Keuangan Senat Demokrat meminta Menteri Keuangan Steven Mnuchin untuk meninggalkan peraturan yang diterapkan di bawah Presiden Barack Obama untuk memberantas pengupasan pendapatan dan pembalikan pajak.

 


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

3 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA