Perdagangan Tiongkok Tumbuh Stabil di Tengah Tarif Trump

Angga Bratadharma    •    Selasa, 11 Sep 2018 16:05 WIB
ekonomi chinationgkok
Perdagangan Tiongkok Tumbuh Stabil di Tengah Tarif Trump
Ilustrasi (AFP PHOTO/GREG BAKER)

Beijing: Perdagangan luar negeri Tiongkok tercatat tumbuh stabil dalam delapan bulan pertama di 2018, meskipun tarif yang lebih tinggi dikenakan oleh Amerika Serikat, data resmi menunjukkan. Tidak ditampik, Presiden Amerika Serikat Donald Trump tetap dengan keputusannya untuk mengenakan tarif yang tinggi kepada Tiongkok.

Mengutip Xinhua, Selasa, 11 September 2018, perdagangan barang Tiongkok naik sebanyak 9,1 persen secara tahun ke tahun menjadi 19,43 triliun yuan (sekitar USD2,85 triliun) dalam delapan bulan pertama tahun ini, kata Administrasi Umum Bea Cukai (GAC).

Ekspor naik 5,4 persen secara tahun ke tahun pada periode Januari-Agustus menjadi 10,34 triliun yuan, sementara impor tumbuh 13,7 persen menjadi 9,09 triliun yuan. Kondisi itu menghasilkan surplus perdagangan 1,25 triliun yuan, yang menyempit sebanyak 31,3 persen, menurut GAC.



Pada Agustus, ekspor naik 7,9 persen, lebih tinggi dari enam persen dibandingkan dengan Juli. Data Agustus secara luas menjadi perhatian karena merupakan bacaan pertama sejak tarif AS baru senilai USD16 miliar atas impor Tiongkok diberlakukan.

Mulai 23 Agustus, Amerika Serikat menampar tarif ekstra 25 persen pada USD16 miliar impor Tiongkok yang ditanggapi Tiongkok dengan tindakan pembalasan yang serupa. Langkah itu dilakukan setelah tarif tambahan senilai USD34 miliar atas impor Tiongkok mulai berlaku pada 6 Juli.

Data menunjukkan bahwa ekspor Tiongkok belum memburuk sejauh ini dengan volume ekspor yang kuat mendukung nilai total, China Merchants Securities mengatakan dalam sebuah catatan penelitian. Perdagangan negara dengan mitra dagang utama mengalami peningkatan selama periode Januari-Agustus.

Perdagangan dengan Uni Eropa, mitra dagang terbesarnya, naik 6,2 persen, dan volume perdagangan dengan Amerika Serikat dan negara-negara ASEAN meningkat masing-masing 5,9 persen dan 11,8 persen. Perdagangan dengan negara-negara di sepanjang Belt and Road mencapai 5,31 triliun yuan, naik 12 persen secara tahun ke tahun.

 


(ABD)