Jusuf Kalla Mewaspadai Perang Dagang Trump

Dheri Agriesta    •    Kamis, 08 Mar 2018 18:29 WIB
Perang dagang
Jusuf Kalla Mewaspadai Perang Dagang Trump
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla bereaksi terhadap ancaman perang dagang Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Jika perang dagang itu diperluas hingga menyentuh komoditas sawit, Indonesia mengancam mengalihkan impor kedelai hingga pesawat.

Indonesia tak terlalu terpengaruh dengan kebijakan ini. Karena, Indonesia mengimpor baja dan aluminium dari Tiongkok, bukan Amerika Serikat.

"Tapi kalau diperluas, katakanlah ke sawit, maka tentu kita harus bereaksi," kata Kalla di Sekretariat Ketua Kontingen Asian Games, Jalan Melawai, Jakarta Selatan, Kamis, 8 Maret 2018.

Baca: JK Sebut Perang Dagang Trump Picu Dendam Negara Lain

Kalla mengatakan, salah satu cara yang bisa ditempuh Indonesia adalah menghentikan impor kedelai dan gandum dari Amerika Serikat. Karena, Indonesia sangat bergantung terhadap kedelai dan gandum dari Amerika Serikat.

Pria asal Makassar itu yakin Indonesia memiliki daya tawar. Apalagi, Indonesia tak hanya mengimpor komoditas dari Amerika Serikat, tapi juga teknologi.

"Seperti Boeing (pesawat), pesawat berapa yang kita beli dari sana," tegas Kalla.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan bahwa perang dagang melukai lawan-lawan Amerika, dan bukan Amerika Serikat. Pernyataan itu sejalan dengan pada pekan lalu, Trump secara tidak terduga mengumumkan tarif 25 persen untuk impor baja dan 10 persen untuk impor alumunium.

 


(AHL)