Mungkinkah Pemerintah Blokir Google?

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 21 Sep 2016 14:36 WIB
google
Mungkinkah Pemerintah Blokir Google?
Yustinus Prastowo. (FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hingga kini Pemerintah belum mengambil tindakan Google yang selama tak membayar pajak dan tak mau masuk sebagai bentuk usaha tetap (BUT). Padahal, Google selama ini ikut menjalankan bisnis di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjanjikan Pemerintah akan mengupayakan langkah terbaik untuk memproses perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu yang tak taat pada aturan negara.

"Kita usahakan maksimum untuk kepentingan negar‎a," kata wanita yang kerap disapa Ani ini, saat ditemui di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/9/2016).

Secara terpisah, pengamat pajak sekaligus Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo mengimbau agar Pemerintah harus berani bikin terobosan dengan risiko sengketa pengadilan.

Bahkan dirinya mengusulkan Pemerintah menutup aktivitas Google di Indonesia. Pasalnya, ini juga menjadi fenomena global yang dilakukan perusahaan-perusahaan multinasional untuk memanfaatkan celah dalam aturan perpajakan sehingga bisa mendapatkan pajak murah atau bahkan tak bayar pajak.

"Blokir saja Google," ujar pria yang akrab disapa Pras ini.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA