Dubai-Tiongkok Teken Kerja Sama Tingkatkan Kerja Sama

Angga Bratadharma    •    Selasa, 12 Sep 2017 14:00 WIB
ekonomi chinationgkok
Dubai-Tiongkok Teken Kerja Sama Tingkatkan Kerja Sama
Bendera Tiongkok (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Dubai: Dubai Multi Commodities Center (DMCC) telah menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kamar Dagang Internasional Tiongkok. Adapun langkah tersebut dilakukan yakni untuk meningkatkan kerja sama bisnis bilateral.

DMCC, zona perdagangan bebas terbesar di Uni Emirat Arab (UAE) yang memiliki lebih dari 13.000 perusahaan, menandatangani MoU di China World Expo 2017 dua tahunan yang diselenggarakan di Yinchuan, Tiongkok.

DMCC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kedua belah pihak bermaksud untuk mengeksplorasi pilihan untuk membentuk dewan bisnis bersama, yang mengatur delegasi perdagangan lintas batas, serta meningkatkan kolaborasi di sektor jasa hukum.

"Dengan berkolaborasi dengan Kamar Dagang Internasional Tiongkok, kami bertujuan untuk mendorong masa depan perdagangan dengan meningkatkan kemampuan anggota perusahaan kami untuk terhubung, berdagang dan berinvestasi dengan bisnis di seluruh Tiongkok," kata CEO DMCC Gautam Sashittal, seperti dikutip dari Xinhua, Selasa 12 September 2017.

Volume perdagangan tahunan antara UEA dan Tiongkok mencapai sebesar 170,2 miliar dirham (USD46,37 miliar), membuat Tiongkok menjadi mitra dagang terbesar negara Teluk Arab. Ada harapan agar kerja sama ini bisa terus mengalami peningkatan di masa-masa yang akan datang.

Di sisi lain, Kementerian Keuangan Tiongkok menyebut pendapatan fiskal Tiongkok mengalami kenaikan pada laju yang lebih lambat di Agustus. Kondisi itu terjadi diseret oleh penurunan tajam dalam pendapatan bukan pajak.

Pendapatan fiskal mengalami kenaikan sebanyak 7,2 persen YoY menjadi 1,07 triliun yuan (sekitar USD165 miliar) pada bulan lalu, mengalami penurunan dari pertumbuhan 11,1 persen yang tercatat di Juli, kata kementerian tersebut di situsnya.


(ABD)