Ketua Perbankan Rumah AS Perkenalkan Aturan Pengganti Dodd Frank

Angga Bratadharma    •    Jumat, 21 Apr 2017 14:02 WIB
perbankanwall streetekonomi amerikathe fed
Ketua Perbankan Rumah AS Perkenalkan Aturan Pengganti Dodd Frank
Jeb Hensarling (REUTERS/Mike Segar)

Metrotvnews.com, Washington: Kepala Panel Perbankan Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) mengumumkan rencana dari Partai Republik yang paling ambisius untuk melonggarkan peraturan di industri keuangan. Nantinya akan ada sebanyak 600 halaman yang menggantikan undang-undang reformasi keuangan Dodd Frank.

Perwakilan Jeb Hensarling, yang memimpin Komite Jasa Keuangan DPR, juga menetapkan sebuah sidang pada 26 April untuk membahas penggantian undang-undang 2010. Langkah itu akan diambil lantaran Partai Republik sangat ingin bekerja sama dengan Presiden AS Donald Trump.

"Partai Republik ingin bekerja sama dengan Presiden untuk mengakhiri dan mengganti kesalahan Dodd Frank dengan Financial COOICE Act, mengakhiri dana talangan bank yang didanai oleh pembayar pajak, dan melepaskan potensi risiko terhadap ekonomi Amerika," kata Texas Republican dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters, Jumat 21 April 2017.

Cetak biru dari Hensarling telah diketahui cukup lama. Dia pertama kali memperkenalkan langkah serupa pada 2016, di mana ia melewati panitia namun tidak dianggap oleh DPR secara penuh. Perwakilan Maxine Waters, anggota Demokrat teratas, telah menolak usulan Hensarling.

"Versi baru, yang bahkan lebih buruk lagi dari draf pertama Chairman Hensarling, tidak dapat diizinkan menjadi undang-undang. Ada terlalu banyak yang dipertaruhkan bagi konsumen dan ekonomi kita pada umumnya," katanya dalam sebuah pernyataan di awal bulan ini.

Undang-Undang Dodd Frank 2010 menetapkan peraturan ketat mengenai sektor keuangan untuk mencegah terulangnya krisis keuangan di 2008. Partai Republik seperti Hensarling, dan juga Presiden Donald Trump, meyakini peraturan tersebut menempatkan beban yang tidak semestinya pada bisnis dan telah menahan ekonomi dengan membatasi pinjaman.

Tapi pendekatan ambisius Hensarling, yang akan menghilangkan sebagian besar aturan Dodd Frank, menghadapi masa depan politik yang tidak pasti di luar DPR. Sedikitnya delapan Demokrat perlu mendukung sebuah undang-undang reformasi keuangan di Senat agar bisa dilalui.


(ABD)