Kuartal I-2018

Irak Memperkirakan Pasar Minyak Alami Keseimbangan

Angga Bratadharma    •    Selasa, 26 Dec 2017 21:05 WIB
konflik irakirakkrisis irakminyak mentah
Irak Memperkirakan Pasar Minyak Alami Keseimbangan
Ilustrasi (AFP Photo/David McNew)

Irak: Menteri Perminyakan Irak Jabar al-Luaibi yakin akan ada keseimbangan antara penawaran dan permintaan pada kuartal pertama di 2018, yang mendorong kenaikan harga minyak. Beberapa langkah yang dilakukan oleh sejumlah pihak diharapkan memberi efek positif terhadap harga minyak dunia berada di level yang tinggi.

Ia menambahkan, persediaan minyak global telah menurun ke tingkat yang dapat diterima dan ada tanda positif bahwa harga pasar minyak akan meningkat secara signifikan pada 2018. Tentu kesemuanya itu harus didukung oleh langkah-langkah negara anggota OPEC dan bukan anggota OPEC.

"Saya optimistis, dan selama kuartal I-2018 akan ada keseimbangan antara penawaran dan permintaan, yang akan mencerminkan positif pada kenaikan harga minyak dunia," kata Luaibi, seperti dikutip dari CNBC, Selasa, 26 Desember 2017, seraya menambahkan sedikit kenaikan produksi minyak di Amerika Serikat pada Desember mungkin berpengaruh pada harga.

Luaibi berbicara pada sebuah upacara penandatanganan dengan Zhenhua Oil milik Pemerintah Tiongkok. Irak mencapai kesepakatan dengan Zhenhua untuk mengembangkan bagian selatan ladang minyak Baghdad Timur.



"Kementerian Minyak memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk mengembangkan ladang minyak bisa mencapai USD3 miliar," kata Abdul Mahdi al-Ameedi, yang mengepalai kantor perizinan dan kontrak kementerian minyak.

Irak telah membuat perubahan signifikan terhadap kontrak layanan baru dengan perusahaan Tiongkok yang menghubungkan harga minyak dunia dan biaya pembangunan. "Ini adalah kontrak baru dengan amandemen baru yang kami buat untuk mengatasi tersedak dan penyimpangan dalam kontrak layanan kami sebelumnya," kata Luaibi.

Irak berencana untuk memanfaatkan 20 juta kaki kubik gas yang dihasilkan sebagai produk sampingan dari produksi minyak dari ladang minyak Baghdad Timur untuk memasok pembangkit listrik didekatnya. Diharapkan penandatanganan kesepakatan akhir Baghdad Timur akan berlangsung pada Maret.

 


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA