Ketidakpastian Pembahasan NAFTA Tekan Gerak Peso

Angga Bratadharma    •    Senin, 09 Oct 2017 11:07 WIB
perdagangan bebaskejahatan kanadaperdaganganekonomi amerikameksikonafta
Ketidakpastian Pembahasan NAFTA Tekan Gerak Peso
Ilustrasi (Bloomberg/Susana Gonzalez)

Metrotvnews.com, Mexico City: Peso Meksiko dapat melihat kinerja lemahnya yang terus berlanjut. Hal itu terjadi karena ketidakpastian seputar negosiasi ulang terkait Negosiasi Perdagangan Bebas Amerika Utara atau North American Free Trade Agreement (NAFTA).

Direktur Analisis Ekonomi dan Keuangan Banco Base Gabriela Siller mengungkapkan bahwa di pekan ini telah terlihat peso pada posisi lemah sejak Juni, mencapai 18,62 peso terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Kondisi tersebut karena data ekonomi yang kuat di Amerika Serikat (AS).

Menurut Siller nilai peso dapat bervariasi antara 18,4 dan 18,88 terhadap USD dalam beberapa hari mendatang. Tidak ditampik, masih belum jelasnya hasil kesepakatan dalam pembahasan NAFTA memiliki efek tersendiri terhadap laju mata uang di masing-masing negara.

"Minggu depan, nilai peso akan tetap rentan atas kerugian terhadap USD, terutama mengingat berita bahwa apa yang bisa keluar dari putaran keempat negosiasi ulang NAFTA," kata Siller, seperti dikutip dari Xinhua, Senin 9 Oktober 2017.



Siller menambahkan, komunitas bisnis Meksiko minggu ini merasa gugup dengan fakta bahwa Meksiko dapat meninggalkan pembicaraan jika dihadapkan dengan proposal dari Amerika Serikat dan Kanada yang dianggap tidak mungkin dipenuhi.

Perundingan dari ketiga negara akan bertemu di Washington dari 11-15 Oktober untuk putaran keempat perundingan, yang kemungkinan akan mengatasi masalah berduri seperti defisit perdagangan AS dan peraturan asalnya.

"Faktor lainnya adalah menekan peso, termasuk fakta bahwa Meksiko dapat mencari rencana B, yang berarti membatalkan NAFTA, pilar perdagangan Amerika Utara sejak 1994," kata Ekonom Continuum Economics Pedro Tuesta.

 


(ABD)