Usung Target 5.000 Gerai di Tiongkok, Starbucks Tunjuk CEO Baru

   •    Rabu, 19 Oct 2016 19:30 WIB
starbucks summer
Usung Target 5.000 Gerai di Tiongkok, Starbucks Tunjuk CEO Baru
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Shanghai: Starbucks Coffee Company hari ini mempromosikan Belinda Wong dari jabatan presiden menjadi CEO Starbucks Tiongkok. Wong memiliki peran penting dalam pertumbuhan luar biasa di kawasan Tiongkok -dari sebelumnya 400 gerai pada 2011 menjadi lebih dari 2.300 gerai hingga hari ini.

Kepemimpinan Wong sebagai pengimplementasian misi Starbucks dan mendorong lahirnya inovasi bagi para mitra (karyawan) Starbucks dan pelanggan lokal di Tiongkok. Melalui peran barunya, Wong akan bertanggungjawab untuk melipatgandakan jumlah gerai menjadi 5.000 hingga 2021. Nantinya, dia akan menjadi bawahan langsung group president Starbucks Global Retail John Culver.

"Selama lima tahun terakhir, visi, pengalaman, dan semangat untuk berinovasi yang dimiliki Belinda telah memperkuat branding Starbucks di Tiongkok dan menciptakan dasar yang kuat untuk wujudkan pertumbuhan bisnis Starbucks di Tiongkok," ujar group president Starbucks Global Retail, John Culver.

"Belinda sangat memahami dan  mengimplementasikan misi dan nilai korporat kami, dan promosinya menjadi CEO akan membantunya semakin memperkuat upaya Starbucks dalam membangun pengalaman mitra dan pelanggan di pasar Tiongkok dalam jangka panjang," tambah dia, sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu (19/10/2016).

"Merupakan kehormatan bagi saya untuk dapat memimpin bisnis Starbucks di Tiongkok pada momentum yang sangat tepat ini. Terdapat peluang bisnis yang begitu besar saat ini bagi Starbucks di Tiongkok dan saya sudah tidak sabar untuk dapat mewujudkan misi dan meningkatkan nilai perusahaan melalui pertumbuhan dan inovasi untuk para mitra dan pelanggan kami di Tiongkok," tambah Wong.

Wong bergabung dengan Starbucks pada Januari 2000 dan telah menjabat sejumlah posisi eksekutif baik di Starbucks regional Tiongkok maupun Asia Pasifik. Di posisi terbarunya, Wong akan berfokus pada pengimplementasian strategi pertumbuhan bisnis jangka panjang yang  menyeluruh dan memimpin portofolio
inovasi untuk Starbucks di Tiongkok.

Dia akan bertanggungjawab pada berbagai area kunci, di antaranya adalah pengembangan bisnis di sektor ecommerce dan memimpin pembukaan Starbucks ReserveRoastery internasional pertama di Shanghai pada 2017. Sebagai president Starbucks Tingkok, Wong memimpin evolusi Starbucks Experience di Tiongkok dengan membuka empat gerai unggulan yang unik, di mana menjadikan passion akan kopi dan keahlian barista sebagai nilai lebih pada pengalaman pelanggan.

Selama lima tahun terakhir, Starbucks juga telah meluncurkan sejumlah inisiatif untuk meningkatkan pengalaman mitra dengan tujuan untuk merefleksikan keyakinan perusahaan akan pentingnya investasi pada masa depan para mitra guna mendukung perkembangan kapabilitas dan aspirasi profesional mereka.

Inisiatif-inisiatif ini meliputi subsidi perumahan bagi barista purna waktu dan shift supervisor, pelatihan dan peluang pengembangan bakat melalui program Starbucks China University dan Partner Family Forums yang pertama bagi Starbucks, program pengembangan kultur dan nilai mendalam bagi orangtua para mitra Starbucks sehingga memungkinkan mereka untuk mempelajari perusahaan ini.

Pada September 2016, Wong merupakan satu dari 50 penerima Magnolia Award oleh Pemerintah Kota Shanghai sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi dan dukungannya terhadap pembangunan Shanghai.

Wong juga terdaftar sebagai satu dari 50 orang yang membentuk masa depan hubungan antara AS dan Tiongkok oleh Foreign Policy dan Top 100 Chinese Business Women oleh Forbes China pada 2015. Sejak 2012, Wong telah masuk ke dalam jajaran 25 pebisnis wanita paling berpengaruh di Tiongkok dalam daftar tahunan paling bergengsi oleh Fortune China.

Leo Tsoi, yang sebelumnya menjabat sebagai vice president Store Development and Design Starbucks China, juga dipromosikan sebagai COO Starbucks China. Sebagai COO, Tsoi akan terus memperluas jaringan gerai, mentransformasi infrastruktur di pasaran, mengimpelementasikan berbagai sistem operasional kunci, dan mengevolusikan lini bisnis makanan guna meningkatkan pengalaman pelanggan di Tiongkok.

Sebagai VP Store Development and Design, dia dan timnya berhasil mempercepat pertumbuhan gerai Starbucks di Tiongkok dengan menambahkan 550 gerai baru, termasuk gerai flagship, gerai coffee-forward berprofil tinggi, dan 75 bar Starbucks ReserveTM, serta lebih dari 380 bar Pour Over bagi para pelanggan Starbucks.

Sejak bergabung dengan Starbucks pada 2012, Tsoi telah memimpin beberapa area bisnis kunci sebagai COO dan VP kawasan Tiongkok Utara, dengan tujuan untuk memperkuat posisi kepemimpinan Starbucks di pasaran. Jabatan Wong dan Tsoi akan efektif segera.
(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

6 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA