Tiongkok Kurangi Kepemilikan Surat Utang Negara AS

   •    Rabu, 19 Oct 2016 07:46 WIB
ekonomi chinationgkok
Tiongkok Kurangi Kepemilikan Surat Utang Negara AS
Bendera Tiongkok (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

Metrotvnews.com, Washington: Tiongkok, pembeli utama surat utang negara Amerika Serikat (AS), memutuskan untuk mengurangi kepemilikannya pada Agustus, untuk tiga bulan berjalan, data terbaru dari Departemen Keuangan AS menunjukkan.

Baca: Ekonomi Tiongkok Diperkirakan Tumbuh 6,6% di 2016

Mengutip Antara, Rabu 19 Oktober, Tiongkok memangkas surat utang AS yang dipegangnya sebesar USD33,7 miliar pada Agustus, dengan total kepemilikan  turun menjadi USD1,1851 triliun . Tiongkok telah mengurangi kepemilikan surat utang AS selama tiga bulan berturut-turut.

Jepang, pemegang asing terbesar kedua surat utang AS, juga memotong kepemilikannya sebesar USD10,6 miliar menjadi USD1,144 triliun pada Agustus. Pada akhir Agustus, kepemilikan asing secara keseluruhan atas surat utang negara AS turun menjadi USD6,1964 triliun dari posisi Juli sebesar USD6,2479 triliun.

Ekonomi Tiongkok terus melambat di kuartal I-2016, data resmi menunjukkan. Namun beberapa indikator penting memperlihatkan tanda-tanda stabilisasi. PDB Tiongkok pada kuartal I-2016 tumbuh 6,7 persen tahun ke tahun mencapai 15,9 triliun yuan (USD2,4 triliun), menurut Biro Statistik Nasional (NBS).


Bendera Tiongkok (Reuters/Bobby Yip)

Pertumbuhan terus menyempit dari 6,8 persen pada kuartal sebelumnya, yang merupakan tingkat kuartalan terendah sejak krisis keuangan global. Namun, angka itu sesuai dengan harapan pasar dan tetap dalam jangkauan yang ditargetkan pemerintah sebesar antara 6,5 persen hingga 7,0 persen untuk 2016.

Baca: Isu Merger Dorong Saham Tiongkok

Momentum pertumbuhan baru sedang terbentuk dan beberapa indikator utama telah mengalami perubahan positif, juru bicara NBS Sheng Laiyun mengatakan dalam konferensi pers, menyebut kinerja kuartal pertama awal yang baik untuk tahun ini.

 


(ABD)