Kuartal I-2017

Pengeluaran Infrastruktur Dorong Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok

Angga Bratadharma    •    Kamis, 20 Apr 2017 07:01 WIB
ekonomi chinationgkok
Pengeluaran Infrastruktur Dorong Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok
Ilustrasi (REUTERS/Aly Song)

Metrotvnews.com, Beijing: Perekonomian Tiongkok tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada kuartal I-2017 karena pengeluaran infrastruktur pemerintah yang lebih tinggi. Selain itu, didukung ledakan properti yang membantu meningkatkan hasil industri paling banyak dalam dua tahun ke depan.

Pertumbuhan ekonomi di angka 6,9 persen adalah yang tercepat dalam enam kuartal di mana penjualan eceran dan ekspor semuanya menunjukkan performa bagi perekonomian untuk melaju lebih baik di masa mendatang. Tiongkok terus berupaya agar momentum pertumbuhan ekonomi terus terjaga hingga akhir tahun.

Namun sebagian besar analis mengaku khawatir Beijing masih terlalu mengandalkan stimulus dan dorongan dari mesin 'ekonomi lama', terutama industri baja dan pasar properti yang terlalu panas. Tentu hal semacam ini perlu diwaspadai agar tidak memberikan efek buruk bagi pergerakan ekonomi di masa mendatang.



"Pemerintah Tiongkok memiliki kecenderungan untuk mengandalkan pembangunan infrastruktur untuk mempertahankan pertumbuhan dalam jangka panjang," kata Ekonom ANZ dalam sebuah catatan, seperti dikutip dari Reuters, Kamis 20 April 2017.


Ilustrasi (Reuters.Bobby Yip)

Pertanyaannya adalah apakah model yang dipimpin investasi ini berkelanjutan karena pihak berwenang memiliki masalah dalam menjinakkan penyaluran kredit. "Kita perlu memperhatikan dengan ketat apakah pemimpin puncak Tiongkok akan mengirim sinyal yang lebih kuat untuk memperketat kebijakan moneter segera," kata Ekonom tersebut.

Bahkan saat pejabat tinggi berjanji untuk menindak risiko utang, total pembiayaan sosial Tiongkok yang merupakan ukuran kredit dan likuiditas yang luas dalam ekonomi, mencapai rekor 6,93 triliun yuan (USD1 triliun) di kuartal ini atau kira-kira setara dengan ukuran ekonomi Meksiko.

 


(ABD)