Ketegangan Geopolitik Angkat Emas ke Level Tertinggi

   •    Kamis, 10 Aug 2017 08:46 WIB
harga emas
Ketegangan Geopolitik Angkat Emas ke Level Tertinggi
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rudi Mulya)

Metrotvnews.com, Chicago: Kontrak emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange berakhir naik ke level tertinggi dalam hampir dua bulan pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB). Hal itu terjadi di tengah perang kata-kata antara Amerika Serikat dan Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK).

Mengutip Antara, Kamis 10 Agustus 2017, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember mengalami kenaikan sebanyak USD16,7 atau 1,32 persen dan menjadi menetap di posisi sebesar USD1.279,30 per ounce.

Ancaman terbaru DPRK untuk melancarkan serangan rudal ke wilayah Guam, Amerika Serikat (AS), telah membantu meningkatkan pembelian aset-aset safe haven di pasar keuangan global. Tidak ditampik, sejumlah sentimen akan memberikan efek tersendiri.

Pernyataan Pyongyang itu menyusul sumpah Presiden AS Donald Trump pada Selasa 8 Agustus sore akan menanggapi DPRK dengan senjata dan kemarahan yang belum pernah dunia saksikan jika Korut tidak menghentikan sikap mengancamnya, yang mencakup serangkaian uji coba rudal balistik.

Reli tersebut terjadi setelah penurunan Selasa ke level terendah dua minggu karena data pekerjaan AS yang lebih baik dari perkiraan, sementara para investor menunggu angka inflasi AS pekan ini untuk petunjuk lebih lanjut mengenai laju kenaikan suku bunga.

Sedangkan untuk logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman September bertambah 47,4 sen atau 2,89 persen, menjadi ditutup pada USD16,863 per ounce. Platinum untuk penyerahan Oktober naik USD1,6 atau 0,16 persen, menjadi menetap di USD976,1 per ounce.


(ABD)