Gerak Harga Emas Dunia Menguat

   •    Jumat, 05 Jan 2018 09:31 WIB
harga emasemaskomoditasekonomi dunia
Gerak Harga Emas Dunia Menguat
Ilustrasi (AFP PHOTO/MAHMUD HAMS)

Chicago: Kontrak emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange menguat pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB), meningkatkan keuntungannya menjadi sepersepuluh sesi berturut-turut. Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari naik USD3,1 atau 0,24 persen, menjadi ditutup pada USD1.321,60 per ounce, rekor tertinggi sejak September lalu.

Mengutip Xinhua, Jumat, 5 Januari 2018, emas berjangka mengatasi kelemahan sebelumnya, yang mendorong kenaikan harga beli dan pada gilirannya mendorong kenaikan harga. Adapun harga emas biasanya akan mendapatkan efek ketika dolar Amerika Serikat (USD) melemah atau menguat.

Indeks USD, sebuah ukuran greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, mundur lagi pada Kamis setelah pemulihan singkat hari sebelumnya. Ini turun 0,32 persen menjadi 91,89 pada 1832 GMT. Emas dan dolar bergerak berlawanan arah. Jika USD turun, emas berjangka akan naik seperti emas, yang diukur dengan USD, menjadi lebih atraktif bagi investor.

Dilaporkan bahwa perekrutan sektor swasta lebih kuat dari yang diperkirakan pada Desember lalu. Menurut prosesor penggajian ADP, sekitar 250 ribu pekerjaan ditambahkan, lebih dari perkiraan 188 ribu pekerjaan oleh para ekonom.

Sektor swasta AS menambahkan 250 ribu pekerjaan pada Desember, jauh di atas konsensus pasar 190 ribu, menurut Laporan Ketenagakerjaan Nasional yang dikeluarkan oleh ADP Research Institute pada Kamis. Angka ADP secara luas dilihat sebagai indikator awal untuk laporan non-farm payrolls yang akan dirilis pada Jumat.

Di sisi lain, bursa saham Wall Street terus meningkat pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB), dengan indeks Dow menembak di atas 25.000 poin untuk pertama kalinya. Hal itu terjadi karena investor bersorak atas data perekrutan sektor swasta Amerika Serikat (AS). Ketiga indeks utama tersebut menetapkan rekor penutupan baru pada Kamis.

Pada penutupan, indeks Dow Jones Industrial Average naik 152,45 poin atau 0,61 persen menjadi 25.075,13. Sedangkan S&P 500 naik 10,93 poin atau 0,40 persen menjadi 2.723,99. Indeks Nasdaq Composite naik 12,38 poin atau 0,18 persen menjadi 7.077,91.


(ABD)


Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

1 day Ago

Pengalihan komando Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam kepa…

BERITA LAINNYA