Penurunan Harga Makanan Jaga Gerak Inflasi Tiongkok

   •    Sabtu, 12 May 2018 16:06 WIB
ekonomi chinationgkok
Penurunan Harga Makanan Jaga Gerak Inflasi Tiongkok
Ilustrasi (FOTO: SCMP)

Beijing: Ekspektasi pasar untuk tingkat inflasi yang lebih tinggi telah mereda di Tiongkok karena pasokan makanan yang melimpah membuat pertumbuhan harga konsumen kecil di April. Indeks harga konsumen (IHK), pengukur utama inflasi, naik 1,8 persen secara tahun ke tahun pada bulan lalu atau lebih rendah dibandingkan dengan 2,1 persen.

"Pada basis bulan ke bulan tercatat IHK turun 0,2 persen. Harga makanan yang lebih rendah adalah alasan utama untuk penurunan IHK dari Maret," kata Ahli Statistik Biro Statistik Nasional (NBS) Sheng Guoqing, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 12 Mei 2018.

Harga makanan turun 1,9 persen secara bulan ke bulan dan naik hanya 0,7 persen secara tahun ke tahun. "Dengan kebijakan moneter yang prudent dan netral, penawaran dan permintaan akan tetap stabil. Kami akan terus melihat inflasi tetap ringan," kata Profesor Ekonomi Universitas Peking Cao Heping.

Ekonom Bank of Communications Lian Ping percaya permintaan yang stabil dan pertumbuhan likuiditas yang moderat tidak mendukung inflasi tinggi meskipun sebelumnya ada antisipasi pasar untuk kenaikan harga. M2, ukuran luas pasokan uang yang mencakup uang tunai dalam sirkulasi dan semua deposito, tumbuh 8,2 persen secara tahun ke tahun pada akhir Maret.

Lian memperkirakan pertumbuhan IHK tahunan di tahun ini akan tetap di bawah target tiga persen yang ditetapkan oleh pemerintah. Rata-rata pertumbuhan IHK secara tahun ke tahun pada periode Januari-April mencapai 2,1 persen. Pada April, harga daging babi merosot 16,1 persen secara tahun ke tahun, menyeret turun pertumbuhan IHK sebesar 0,43 poin persentase.

Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan Tiongkok menghubungkan penurunan harga daging babi dengan kelebihan pasokan. "Ketika suhu meningkat pada periode mendatang, permintaan daging babi akan melihat kontraksi musiman. Ada kemungkinan kecil untuk rebound harga daging babi," kata kementerian itu dalam sebuah laporan.

 


(ABD)


Komentar Menperin soal Sariwangi Pailit

Komentar Menperin soal Sariwangi Pailit

10 hours Ago

Bangkutnya PT Sariwangi Agricultural Estates Agency (Sariwangi AEA) dan anak usahanya yaitu PT …

BERITA LAINNYA