ADB Beri Pinjaman Vietnam Sekitar USD1 Miliar/Tahun

   •    Selasa, 11 Oct 2016 19:05 WIB
adb
ADB Beri Pinjaman Vietnam Sekitar USD1 Miliar/Tahun
Ilustrasi. (FOTO: Reuters)

Metrotvnews.com, Hanoi: Bank Pembangunan Asia (ADB) mengumumkan pihaknya akan mempertahankan pinjaman sekitar USD1 miliar per tahun untuk Vietnam pada periode 2016-2020.

Pengumuman ini dibuat pada peluncuran  Strategi Kemitraan Negara Vietnam (CPS) untuk 2016-2020 oleh ADB di ibu kota Vietnam Hanoi hari ini. Demikian seperti dikutip dari Antara, Selasa (11/10/2016).

Menurut ADB, Vietnam mulai menghadapi tantangan baru dan lebih kompleks. Pertumbuhan menciptakan kerusakan lingkungan dan negara sangat terpapar perubahan iklim.

Sebelumnya pertumbuhan yang cepat pada populasi usia kerja mulai jatuh dan kantong-kantong kemiskinan masih tetap, terutama di daerah terpencil dan pedesaan.

"Untuk membantu Pemerintah Vietnam mengatasi tantangan ini, ADB akan mendukung investasi-investasi untuk mencapai tiga hasil penting," kata Country Director ADB untuk Vietnam, Eric Sidgwick.

"Ini akan meningkatkan penciptaan lapangan kerja dan daya saing, meningkatkan inklusivitas infrastruktur dan jasa-jasa, serta meningkatkan kelestarian lingkungan dan tanggapan perubahan iklim," tambah dia.

Selain pinjaman sekitar USD1 miliar setiap tahun, ADB akan mengadopsi langkah-langkah untuk meningkatkan kesiapan dan kualitas proyek yang didukung, serta pelaksanaan proyek-proyek yang ada. ADB menambahkan siap untuk meningkatkan skala bantuannya, jika sumber daya tambahan diminta pemerintah.


(AHL)