Yuan Tiongkok Melemah Jadi 6,9085 terhadap USD

   •    Kamis, 24 Nov 2016 10:57 WIB
ekonomi chinationgkok
Yuan Tiongkok Melemah Jadi 6,9085 terhadap USD
Ilustrasi (CHINA OUT AFP PHOTO)

Metrotvnews.com, Beijing: Kurs tengah nilai tukar mata uang Tiongkok renminbi atau yuan, mengalami pelemahan sebanyak 181 basis poin menjadi 6,9085 terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada Kamis, menurut Sistem Perdagangan Valuta Asing Tiongkok.

Mengutip Antara, Kamis 24 November, di pasar spot valuta asing Tiongkok, yuan diperbolehkan untuk naik atau turun sebesar dua persen dari tingkat paritas tengahnya setiap hari perdagangan. Kurs tengah yuan terhadap USD didasarkan pada rata-rata tertimbang harga yang ditawarkan oleh pelaku pasar sebelum pembukaan pasar uang antar bank setiap hari kerja.

Sementara itu, kurs dolar Amerika Serikat (USD) melonjak ke tertinggi sejak Maret 2003 pada Rabu waktu setempat (Kamis pagi WIB), didukung laporan ekonomi positif AS yang menunjukkan perekonomian di jalur untuk tumbuh stabil, sehingga mereka memperkuat ekspektasi kenaikan suku bunga Fed bulan depan dan pada 2017.

Greenback juga naik tajam terhadap yen, meningkat ke tingkat tertinggi delapan bulan, dan menguat terhadap euro ke tingkat tertinggi dalam 19-bulan.

Sebuah rebound 0,4 persen dalam pesanan barang tahan lama AS bulan lalu setelah penurunan pada September dan klaim pengangguran AS yang solid di bawah 300.000 untuk 90 minggu berturut-turut, mendorong beberapa pandangan kenaikan suku bunga.

Sentimen konsumen AS juga meningkat bulan ini, menyusul terpilihnya Donald Trump sebagai presiden. Indeks sentimen konsumen naik menjadi 93,8, dengan keuntungan dicatat di antara semua pendapatan dan subkelompok usia di seluruh wilayah negara.

Pasar sekarang memperkirakan di probabilitas hampir 100 persen untuk kenaikan suku bunga Fed pada Desember, menurut CME FedWatch. Risalah the Fed dari pertemuan kebijakan bulan ini yang dirilis pada Rabu, juga menunjukkan kenaikan suku bunga dalam waktu dekat.

 


(ABD)