Hubungan Dagang Tidak Pasti

2017, Perusahaan Besar Meksiko Pangkas Investasi di AS

Angga Bratadharma    •    Senin, 15 May 2017 09:16 WIB
ekonomi amerikameksiko
2017, Perusahaan Besar Meksiko Pangkas Investasi di AS
Ilustrasi (Reuters/Lucas Jackson)

Metrotvnews.com, Kota Meksiko: Perusahaan-perusahaan besar di Meksiko berencana untuk mengurangi investasi mereka pada 2017 karena ketidakpastian mengenai masa depan hubungan dagang antara Meksiko dengan Amerika Serikat di bawah administrasi Trump. Adapun sekarang ini sedang dibahas mengenai revisi North American Free Trade Agreement (NAFTA).

Consejo Mexicano de Negocios (CMN), sebuah kelompok yang terdiri dari 50 perusahaan terbesar dari berbagai sektor ekonomi, mengatakan akan menginvestasikan sekitar USD31,43 miliar tahun ini. Angka itu mengalami penurunan sebanyak 6,2 persen dibandingkan dengan USD33,5 miliar yang diumumkan pada 2016.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengancam untuk membatalkan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara jika dia tidak dapat menegosiasi ulangnya untuk kepentingan Amerika Serikat, memberikan keraguan atas kesepakatan yang mendasari sebagian besar perdagangan Meksiko.

"Ketidakpastian tersebut memicu volatilitas dalam mata uang peso dan membuat beberapa investor berhati-hati," kata presiden CMN Alejandro Ramirez, dalam sebuah pidato di Mexico City, seperti dikutip dari Reuters, Senin 15 Mei 2017.

Terguncang oleh kekhawatiran Trump, peso mencapai rekor terendah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada Januari. Sejak saat itu, pejabat AS telah mencapai nada yang lebih mendamaikan terhadap Meksiko mengenai perdagangan dan mata uang Meksiko telah pulih.

Menteri Ekonomi Meksiko Ildefonso Guajardo mengatakan bahwa dia pikir pembicaraan mungkin akan dimulai menjelang akhir Agustus. Guajardo mengatakan ketiga negara harus mengakui kontribusi positif NAFTA sebelum memulai.

"Kami tidak bisa memulai negosiasi jika tidak ada pengakuan bahwa perjanjian ini telah menguntungkan dan memperkaya tiga negara. Jika tidak, kondisinya tidak ada untuk bernegosiasi," kata Guajardo pada sebuah acara di Kota Utara Monterrey.

 


(ABD)