Indeks Kepercayaan Bisnis di Inggris Merosot

Arif Wicaksono    •    Senin, 17 Jul 2017 13:08 WIB
inggris
Indeks Kepercayaan Bisnis di Inggris Merosot
Ilustrasi. Dok:Bloomberg.

Metrotvnews.com, London: Indeks kepercayaan bisnis di Inggris kian merosot. Laporan dari konsultan ekonomi IHS mengatakan, kepercayaan itu anjlok dalam titik terendahnya selama hampir enam tahun. Faktor penyebabnya muncul dari tragedi brexit, ketidakpastian politik dan membekunya pengeluaran konsumen.

Kepala Ekonom IHS Markit Chris Williamson menjelaskan bahwa perusahaan semakin khawatir untuk melakukan kegiatan bisnis. "Perusahaan semakin takut dengan prospek bisnis, ini sebagai dampak dari ketidakpastian politik dan dampak dari brexit," kata Chris dikutip dari TheGuardian, Senin 17 Juli 2017.

Dia menambahkan kejatuhan kepercayaan ini mendorong kejatuhan optimisme bisnis di inggris ketimbang wilayah euro. Bahkan angkanya dibawah level kepercayaan bisnis di Amerika Serikat (AS) dan Jepang.

Dalam laporannya, IHS Markit mengatakan prediksi kenaikan laba bersih perusahaan inggris  terhadap aktivitas bisnis selama 12 bulan kedepan dengan level 35 persen di Juni, turun dari tingkat kepercayaan bisnis pada Februari sebesar 52 persen. Bahkan lebih rendah semenjak Oktober 2011.

Dia mengatakan bahwa pengeluaran konsumer, sebagai mesin utama pertumbuhan ekonomi Inggris, akan kehilangan momentum semenjak mata uang poundsterling jatuh semenjak Brexit yang memicu inflasi.

"Dampak inflasi terhadap konsumen sangat menyakitkan dan sedikit harapan untuk tumbuh kembali," pungkas dia.


(SAW)