Transformasi Struktural Buat Ekonomi Tiongkok Bergerak Stabil

Angga Bratadharma    •    Kamis, 14 Jun 2018 15:03 WIB
ekonomi chinationgkok
Transformasi Struktural Buat Ekonomi Tiongkok Bergerak Stabil
Ilustrasi (Mark Ralston/AFP)

Beijing: Perekonomian Tiongkok tetap bergerak kuat pada bulan lalu karena indikator perekonomian maju dengan solid dan laju transformasi struktural terus meningkat. Pemerintah Tiongkok terus memacu pertumbuhan ekonomi sejalan dengan upaya menekan risiko yang bisa datang kapan saja dan di mana saja.

Mengutip Xinhua, Kamis, 14 Juni 2018, pembangkit listrik harian di seluruh negeri meningkat hampir 12 persen pada Mei, naik 3,34 poin persentase dibandingkan dengan bulan lalu, menurut situs web Economic Information Daily. Penggunaan daya bulan lalu meningkat sekitar 10 persen secara tahun ke tahun.

Sedangkan selama lima bulan pertama, total pembangkit listrik naik lebih dari 10 persen dari periode yang sama di 2017. Hasil pembangkit listrik yang naik merupakan sinyal terbaru dari ekonomi yang stabil. Perdagangan barang Tiongkok mengalami ekspansi yang stabil sebesar 8,8 persen pada periode Januari-Mei.



Sementara itu, indeks sektor manufaktur pada Mei naik ke level tertinggi dalam delapan bulan. Kondisi ini tidak ditampik bisa menimbulkan efek positif terhadap pertumbuhan ekonomi di masa mendatang. Meski demikian, tetap perlu ada kewaspadaan guna menekan sejumlah risiko terutama dari sisi perdagangan.

Adapun Bank Dunia masih optimistis dengan ekonomi Tiongkok dan tetap memperkirakan pertumbuhan PDB pada level 6,5 ??persen untuk 2018. "Aktivitas ekonomi di Tiongkok tetap tangguh dengan PDB tumbuh 6,9 persen pada 2017 dan 6,8 persen secara tahun ke tahun di kuartal I-2018. Konsumsi terus mendorong pertumbuhan," tulis situs tersebut.

Terlepas dari indikator ekonomi yang kuat, analis percaya reformasi struktural juga didorong dalam kecepatan yang lebih cepat. Lembaga pemeringkat Moody's mengatakan dalam sebuah laporan bahwa alokasi sumber daya dalam ekonomi bergeser ke arah mendukung industri dengan nilai tambah yang tinggi seperti pembuatan dan produksi elektronik.

"Lanjutan reformasi akan mendukung transisi lebih lanjut dalam struktur ekonomi dengan lebih banyak energi dipompa ke inovasi," kata laporan itu.

 


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA